RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD St. Antonius Padua Tiga Dolok
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
waktu :
- 2 x 35 menit = 70 Menit

A. Standar Kompetensi :
7.
Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
B. Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil
percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
C. Indikator
o
Membuat model untuk menunjukkan
gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya:
membuat model jungkat jungkit dan ketapel.
o
Menjelaskan berbagai faktor
yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak
jungkat-jungkit.
o
Memberi contoh penggunaan alat
yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
D. Understanding ( siswa memahami bahwa,,,)
Setiap tindakan mempengaruhi semua kehidupan
E. School Value
o
Kerja
keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin
tahu.
F. Tujuan Pembelajaran
o Siswa dapat Menarik kesimpulan dari
kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-
diam
-
begerak makin cepat
-
berubah arah
o
Siswa
dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa ada faktor yang mempegaruhi gerak benda
- Bobot benda
- Besar gaya
- Kekasaran permukaan pada lintasan
- Bentuk benda
G. Materi Pembelajaran
- Gaya mempengaruhi gerak benda.
- Faktor yang mempegaruhi gerak benda
H. Metode dan Model
pembelajaran
o
Metode pembelajaran :
Tanya jawab, Demonstrasi
o
Model pembelajaran : Discovery Learning
I. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan ke 1
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Salam dan mengecek absen siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o
Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat
Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F Memahami
perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
F Siswa dapat
mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi gerak benda
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh
F Melakukan kegiatan ( Membuat
mobil sederhana )
F Memberitahu
bagiamana membuat mobil sederhana
F Menjawab
pertayaan dari lembar kerja
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
o
Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat
mengakibatkan benda diam menjadi bergerak
o
Gaya juga dapat mempegaruhi gerak benda
-
Benda yang bergerak menjadi diam
-
Mengubah arah benda
-
Mengubah bentuk benda
-
Mempercepat dan memperlambat benda bergerak
o
Faktor yang mempegaruhi gerak benda
-
Bobot benda
-
Besar gaya
-
Kekasaran permukaan lintasan
-
Benuk benda
|
(5 menit)
|
||
o
-
|
J. Alat dan sumber
1.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Botol
plastik, pisau, paku, lilin, karet gelang, sumpit, tutup botol plastik, stop watch atau Handphone
K.
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kerja keras : Perilaku yang
menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar
dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o Kreatif : Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang
telah dimiliki
o
Mandiri : Sikap dan
perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas
o
Rasa ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
|
o Membuat
daftar berbagai gerak benda.
o Mendemonstrasikan
cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o Mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi,
gerak di lantai yang datar karena dorongan.
|
Tugas Individu
dan kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Buatkanlah daftar berbagai gerak benda.
o Jelaskanlah
cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o Jelaskanlah
faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi,
gerak di lantai yang datar karena dorongan.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
![]() |
|||
![]() |
|||

GAYA DAN GERAK
I.
Jawablah pertayaan berikut
dengan percobaan yang dilakukan !
1.
Gaya apa yang menyebabkan mobil
sederhana bisa bergerak ?
2.
Apa pengaruh ketengan karet
terhadap laju mobil sederhana tersebut ? jika karet dilonggarkan apa yang akan
terjadi terhadap laju mobil?
3.
Lakukan percobaan dibawah ini
pada mobil sederhana
No.
|
MESIN MOBIL
|
JARAK TEMPUH
|
WAKTU
|
KECEPATAN V=S/T
|
1
|
10 Putaran
|
1 Meter
|
||
2
|
15 Putaran
|
1Meter
|
||
3
|
20 Putaran
|
1 Meter
|
Mengapa benda bergerak semakin cepat ?
4.
Lakukanlah percobaan dibawah
ini
No.
|
MESIN MOBIL
|
BOBOT BENDA
|
JARAK
|
WAKTU
|
1
|
10 Putaran
|
Benda 1
|
1 Meter
|
|
2
|
15 Putaran
|
Benda 2 > 1
|
1 Meter
|
|
3
|
20 Putaran
|
Benda 3 > 2
|
1 Meter
|
Apa pengaruh bobot benda tersebut ?
5.
Lakukan percobaan dibawah ini
Ukurlah jarak didinding ke mobil
sederhana sejauh 30 cm, seterlah itu berikan putaran sebanyak mungkin agar
mobil sederhana melaju dengan cepat. Amati apa yang terjadi ? lakukanlah
berulang kali !
6.
Lakukanlah percobaan dibawah
ini
a.
Lajukan mobil sederhana pada
lintasan yang permukaannya datar / lantai (buat jarak dari mobil sampai ke
tanda X sejauh 1 meter atau lebih )
b.
Lajukan mobil sederhana pada
lintasan yang permukaannya kasar/jalan aspal ( buat jarak yang sama dengan
percobaan pertama).
(Hitunglah waktu tempuh mobil sederhana
sampai ke tanda X )
II.
Tariklah kesimpulan dari semua percobaan
1.
Tuliskan pengaruh gaya terhadap
gerak benda!
2.
Tuliskan faktor yang
mempengaruhi gerak benda!
\