This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

RPP Kreatif IPA Materi Gaya 2016\2017

RPP Kreatif IPA Materi Gaya 2016\2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD St. Antonius Padua Tiga Dolok
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
waktu                           :   -  2 x 35 menit = 70 Menit
 


A.    Standar Kompetensi       :
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

C.    Indikator
o   Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh  terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan ketapel.
o   Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.
o   Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Understanding ( siswa memahami bahwa,,,)
Setiap tindakan mempengaruhi semua kehidupan

E.     School Value
o   Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.

F.     Tujuan Pembelajaran
o    Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-   diam
-   begerak makin cepat
-   berubah arah
o    Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa ada faktor yang mempegaruhi gerak benda
-     Bobot benda
-     Besar gaya
-     Kekasaran permukaan pada lintasan
-     Bentuk benda

G.    Materi Pembelajaran
  • Gaya mempengaruhi gerak benda.
  • Faktor yang mempegaruhi gerak benda

H.    Metode dan Model pembelajaran
o   Metode pembelajaran              : Tanya jawab, Demonstrasi
o   Model pembelajaran                : Discovery Learning

I.       Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Salam dan mengecek absen siswa
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
F Siswa dapat mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi gerak benda
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
-   Kuda menarik delman
-   Menutup pintu
-   Menendang bola
-   Menarik tali bendera saat upacara
-   Tukang bakso mendorong gerobak
F Melakukan kegiatan ( Membuat mobil sederhana )
F Memberitahu bagiamana membuat mobil sederhana
F Menjawab pertayaan dari lembar kerja
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Kegiatan akhir
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak
o   Gaya juga dapat mempegaruhi gerak benda
-       Benda yang bergerak menjadi diam
-       Mengubah arah benda
-       Mengubah bentuk benda
-       Mempercepat dan memperlambat benda bergerak
o   Faktor yang mempegaruhi gerak benda
-        Bobot benda
-        Besar gaya
-        Kekasaran permukaan lintasan
-        Benuk benda

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -



J.      Alat dan sumber
1.         Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o    Botol plastik, pisau, paku, lilin, karet gelang, sumpit, tutup botol plastik, stop watch atau Handphone

K.    Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki 
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
o  Membuat daftar berbagai gerak benda.
o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

Tugas Individu
dan kelompok



Laporan

Uraian Objektif



o  Buatkanlah  daftar berbagai gerak benda.
o  Jelaskanlah cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Jelaskanlah faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Rounded Rectangle: Tiga dolok,      Mei  2017Guru Mata Pelajaran





Erpandi Saputra Samosir, S. Pd
Rounded Rectangle: Mengetahui Kepala Sekolah
SD St. Antonius PaduaTiga dolok





Sotiani Maria Barasa, S. Pd
 

















LEMBAR KERJA
GAYA DAN GERAK
I.     Jawablah pertayaan berikut dengan percobaan  yang dilakukan !
1.    Gaya apa yang menyebabkan mobil sederhana bisa bergerak ?
2.    Apa pengaruh ketengan karet terhadap laju mobil sederhana tersebut ? jika karet dilonggarkan apa yang akan terjadi terhadap laju mobil?
3.    Lakukan percobaan dibawah ini pada mobil sederhana
No.
MESIN MOBIL
JARAK TEMPUH
WAKTU
KECEPATAN V=S/T
1
10 Putaran
1 Meter


2
15 Putaran
1Meter


3
20 Putaran
1 Meter


Mengapa benda bergerak semakin cepat ?
4.    Lakukanlah percobaan dibawah ini
No.
MESIN MOBIL
BOBOT BENDA
JARAK
WAKTU
1
10 Putaran
Benda 1
1 Meter

2
15 Putaran
Benda 2 > 1
1 Meter

3
20 Putaran
Benda 3 > 2
1 Meter

Apa pengaruh bobot benda tersebut ?
5.    Lakukan percobaan dibawah ini
Ukurlah jarak didinding ke mobil sederhana sejauh 30 cm, seterlah itu berikan putaran sebanyak mungkin agar mobil sederhana melaju dengan cepat. Amati apa yang terjadi ? lakukanlah berulang kali !
6.    Lakukanlah percobaan dibawah ini
a.       Lajukan mobil sederhana pada lintasan yang permukaannya datar / lantai (buat jarak dari mobil sampai ke tanda X sejauh 1 meter atau lebih )
b.      Lajukan mobil sederhana pada lintasan yang permukaannya kasar/jalan aspal ( buat jarak yang sama dengan percobaan pertama).
(Hitunglah waktu tempuh mobil sederhana sampai ke tanda X )
II.   Tariklah kesimpulan dari semua percobaan 
1.      Tuliskan pengaruh gaya terhadap gerak benda!
2.      Tuliskan faktor yang mempengaruhi gerak benda!


\