This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Cara mudah belajar Tata Surya dengan Singkatan kata

Cara mudah belajar Tata Surya dengan Singkatan kata

Sumber informasi adalah karyaku


 Sobat pasti Tahukan yang namanya sistem tata surya. Oke, pada hari ini saya akan menuliskan pengetahuan umum yang dapat memberikan anda wawasan yang baik.

  Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasi.

Nama-nama angota tata surya itu adalah
1. Merkerius
2. Venus
3. Bumi
4. Mars
5. Jupiter
6. Saturnus
7. Uranus
8. Neptunus

  Didalam tata surya dikelompokkan menjadi dua, yakni pelanet dalam dan planet luar. Disini saya akan menerangkan bagaimana ciri-ciri planet dalam dan planet apa saja yang termaksud kedalamnya.

a. Planet Dalam
Cirinya : terbentuk dari batu logam serta memiliki permukaan yang padat dan tidak memiliki cincin.
Yang termaksud planet dalam adalah ( MERVEN ) merven singkatan dari dua planet terdekat dengan matahari, yaitu Merkurius dan Venus

b. Planet Luar
Cirinya: terbentuk dari hidrogen, helium serta memiliki cincin dan atmosfer yang tebal. Pada planet luar ini pada umumnya memiliki satelit alami.
Yang termaksud planet dalam adalah BUMARJU dan SURNE
(BUmi,    MARs,   JUPITER)
( Saturnus,   URanus,   NEptunus )

Dalam tata surya, setiap planet memiliki kala rotasi, kala revolusi dan diameter planet. Apa sajakah itu? Sebagai berikut

1. Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari yang memiliki kala rotasi : 59 hari, kala revolusi : 58 hari dengan diameter : 4.879 km.

2. Venus adalah planet  terdekat kedua dari matahari, dengan memiliki kala rotasi : 243 hari, kala revolusi : 225 hari, dan diameter : 12.100 km.

3. Bumi adalah planet yang banyak dihuni para makhluk hidup dan memiliki satu satelit yang bernama bulan. Bumi juga memiliki kala rotasi sebesar : 24 jam, kala revolusi : 365,25 hari, diameter : 12.700 km

4. Mars adalah planet yang dijuluki planet merah dengan satelitnya bernama: phobos dan dinos. Planet ini memiliki kala rotasi : 24,6 hari, kala revolusi : 687 hari, dan diameter : 6.800 km.

5. Jupiter adalah planet terbesar yang pertama diantara planet-planet lain serta memiliki satelit yang bernama metis, andrastea, almathea, thebe, europa, ganymede, calistia, leda, himalia, lysithea, elara, nananke, carme dan phasiphea.

6. Saturnus adalah planet terbesar yang kedua di tata surya serta memiliki cincin yang sangat luas. Planet ini juga memiliki satelit yang bernama: Enceladus, telesto, janus, calipso, hyperion, dan mimas. Planet ini berkala rotasi sebesar : 10,6 jam, kala revolusi : 29,5 tahun dengan diameter : 120.540 km.

7. Uranus adalah planet yang terbesar ke-3 dalam susunan tata surya. Planet ini memiliki satelit yaitu: ariel, titania, dan umberon. Dengan kala rotasi : 24 jam, kala revolusi : 84 tahun dan diameter: 51.120.

8. Neptunus adalah planet terbesar yang ke-4 dari susunan tata surya. Planet ini biasanya di katakan kembar dengan planet uranus. Planet ini memiliki satelit yang bernama: triton dan nereid. Dengan kala rotasinya: 22 jam, kala revolusi: 165 tahun, dan diameter: 49.530.

Sekian dulu tentang susunan tata surya, jika ada yang kurang tepat dari artikel diatas, silahkan diberi komentar dan juga sarannya. Terimah kasih sudah membaca artikel saya...
Semoga bermanfaatt ... ; )