This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

4 Peranan Penting benda Abiotik bagi Kehidupan di bumi

4 Peranan Penting benda Abiotik bagi Kehidupan di bumi

Artikel kali ini yang saya bahas adalah 4 peranan benda abiotik bagi kehidupan di bumi. Benda abiotik sangatlah bermanfaat bagi kehidupan setiap insan manusia. Tanpa benda abiotik tersebut kehidupan di bumi tidak akan ada. 

Benda abiotik adalah salah satu pendukung sumber kehidupan di bumi yang diciptakan Oleh Yang Maha Kuasa. Tanpa benda abiotik tersebut semua makhluk hidup akan mati tanpa terkecuali.

Apa kah definisi benda abiotik ?

Benda abiotik adalah benda tak hidup. Ada beberapa benda abiotik yang sangat berperan bagi kehidupan bumi, apa saja kah itu?
Sumber: ersamblog.blogspot.com

  1. UDARA
Peranan udara sangatlah penting bagi makhluk hidup, karena udara sangat dibutuhkan dalam proses bernapas. Peranan udara juga dapat menyalakan api, dan membantu kelancaran siklus air. Untuk memahami lebih jelas lagi baca siklus air.


Pernahkah sobat mengalami hujan lokal?

Hujan lokal disebabkan oleh pergerakan udara, dimana udara akan meniup atau menghembuskan awan supaya bergerak, sehingga tidak terjadi hujan hanya di satu daerah saja.

  2. TANAH
Di bumi ada dua kehidupan, yakni kehidupan di perairan dan kehidupan di daratan. Tanah sangatlah penting untuk makhluk hidup yang tinggal di daratan. Dan tanah juga sangat berperan penting dalam peresapan air, penyaringan air dan juga membantu proses siklus air.


  3. MATAHARI
matahari juga memegang peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Karena cahaya matahari sangat lah  banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Energi cahaya matahari dimanfaatkan makhluk hidup untuk melakukan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan atau ke 5 ciri makhluk hidup. Dan energi panas membantu menghangatkan tubuh.


Artikel terkait:
• 5 Ciri makhluk Hidup dan Kebutuhan Makhluk hidup.

  4. AIR
Dan yang terakhir adalah air. Air juga sangat bermanfaat bagi kehidupan di bumi. Tanpa air semua kehidupan akan mati. Pada air terjadi yang namanya siklus air, sehingga air di bumi tidak akan pernah habis.


Itulah peranan penting benda abiotik yang selalu menemani setiap kehidupan di bumi. Semua benda abiotik tersebut saling terkait satu sama yang lain sehingga terjadi keseimbangan.

Sekarang ini banyak manusia dengan tanpa segaja ataupun dengan sengaja  merusak sistem ekosistem hayati besar, Contoh : perusakan hutan. Hutan sangat bermanfaat untuk memperbanyak kadar oksigen ataupun udara. Bayangkan jika semua hutan gundul, maka bisa dipastikan akan terjadi efek pemanasan global secara besar - besaran. 

Kerusakan apa yang akan terjadi? 
  1. Tanah gersang.
  2. Hujan asam.
  3. Peningkatan suhu panas bumi.

Bagaimana dengan pembungan sampah anorganik atau limbah pabrik ke sungai, laut ataupun danau?. Pembuangan limbah ke perairan dapat mengotori kebersihan air dan menghambat proses siklus air. Jika siklus air terganggu maka bisa dipastikan kehidupan di bumi makin hancur.

Penjelasan artikel ini membantu kita mengetahui betapa pentingnya saling menjaga dan saling menyeimbangkan. Karena kita sebagai manusia dititipkan tempat tinggal yang sangat indah untuk ditinggali. Jadi mari, kita bersama menjaga kelestarian alam kita di bumi. Kita mulai dari hal kecil, yakni ;
1. Menghemat penggunaan energi

2. Menghemat penggunaan air.

3. Sampah an-organik di daur ulang

4. Buang sampah pada tempatnya.

5. Tanamlah tumbuhan disekitar rumah anda.

6. Saling menghargai antar makhluk hidup.

7. Berikan senyuman untuk rasa syukur untuk kehidupan di bumi.

Saya kira itulah penjelasan tentang 4 peranan benda abiotik bagi kehidupan di bumi. Jika ada penjelasan yang kurang tepat, silahkan berikan saran, kritik yang bermuatan positif. Semoga bermanfaat, terimah kasih.

Penulis : P. Samosir