This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Lembar Praktek IPA Kelas 2 : Bagian-bagian Tubuh Hewan, Part 1.

Lembar Praktek IPA Kelas 2 : Bagian-bagian Tubuh Hewan, Part 1.

Belajar kreatif adalah salah satu kunci yang paling baik untuk pembelajaran disekolah. Selain menarik dapat juga mempercepat pemahaman peserta didik. Ada banyak cara untuk menarik perhatian peserta didik dalam belajar kreatif, salah satunya adalah membuat praktek sederhana yang mudah di pahami peserta didik.

Untuk itu saya akan mencoba membuat praktek IPA sederhana untuk kelas 2 SD. Lembar praktek pegamatan yang akan saya buat kali ini berjudul : bagian - bagian tubuh hewan.

Sebelum kita membuat lembar praktek pengamatannya, terlebih dahulu kita ketahui tujuan pembelajaran atau indeks pemahaman yang akan disampaikan kepada anak didik. Tujuan pembelajaran kita ambil dari indikator RPP yang telah kita buat dan berhubungan dengan kompetensi dasar. Lembar praktek ini bisa juga dilakukan untuk kurikulum 2013.

Tidak usah basa-basi lagi, langsung saja simak Lembar Praktek IPA kelas 2, part 1.

Lembar Pengamatan IPA Kelas 2 SD

Materi : Bagian-bagian Tubuh Hewan

Tujuan :
✓ peserta didik mampu mengenal bagian-bagian tubuh pada hewan.
✓peserta didik mampu menyebutkan kegunaan bagian tubuh pada hewan.
✓ peserta didik mampu membedakan

bagian tubuh sesuai dengan kegunaannya.
Alat dan bahan pengamatan :
✓ proyektor dan laptop
✓ gambar animasi hewan secara utuh
✓ video hewan melakukan aktivitas
✓ lembar kerja siswa ( lembar observasi )
✓ buku referensi siswa

Langkah - langkah kerja
Sebelum masuk ke langkah kerja, terlebih dahulu kita persiapkan video pembelajaran yang berhubungan dengan gambar animasi hewan. Apa manfaatnya? Supaya anak didik dapat bekerja secara mandiri, kreatif dan menemukan apa yang penting yang untuk diketahui dan dipahami. Pernyataan ini disebut menstimulus otak kiri dan kanan peserta didik kelas 2 SD.

Contohnya lihat Vidio screen dibawah ini dengan gambarnya...



Setelah kita dapat bahanya maka, kita masuk ke langkah kerjanya.

1. Guru membagi setiap kelompok siswa dengan nama kelompok hewan yang akan di pelajari. Contohnya anjing ataupun elang. Tujuan agar siswa lebih memahami apa yang mereka ingin pelajari.

2. Tunjukkan Video pembelajaran terhadap peserta didik. Kemudian perintahkan peserta didik untuk mengamati apa yang telah dilakukan atau aktivitas apa yang dilakukan hewan tersebut dalam memanfaatkan bagian tubuhnya. 

3. Sembari peserta didik menonton video pembelajaran, kita Sebagi guru memperhatikan sikap yang telah ditunjukkan oleh siswa. Kemudian kita menilai apakah siswa tersebut tertarik atau tidak. 

4. Setelah video selesai di tonton maka, guru memberikan gambar hewan yang telah ditonton yang telah diberi tanda anak panah. Contohnya gambar di bawah ini :
Sumber : tinta pendidikan indonesia

5. Kemudian berikan lembar jawaban yang telah disesuaikan dengan gambar yang telah diamati.


6. Setelah siswa selesai mengerjakan bagian-bagian tubuh hewan , kemudian berikan soal pertanyaan .

Pertanyaan yang akan di jawab siswa :

1. Coba kamu diskusikan apa kegunaan setiap bagian tubuh yang ada pada gambar pegamatan pada bagian a ! Catatan : buatlah gambar pegamatan siswa dengan lcontoh dengan berbeda jenis 6 contohnya : elang, bebek, ikan, ular, kambing dan serangga . Saya yakin dengan ke - 6 contoh tersebut dapat mewakili apa yang akan diperoleh siswa dalam mencapai ilmunya. 
Jawab : .....

2. Apakah semua hewan pada gambar pengamatan berbeda ? Coba ceritakan/jelaskan  secara tertulis di lembar jawaban apa yang membedakan ke 6 hewan tersebut!
Jawab :

3. Pilihlah salah satu hewan dibawah ini dan tuliskan bagian-bagian tubuhnya serta buat kegunaanya. Untuk pertanyaan ke-3 berikan kebebasan kepada siswa untuk menjawab dari apa yang mereka pilih untuk di cari tahu . 

Setelah selesai, perintah setiap kelompok membacakan hasil diskusi mereka di depan kelasnya. Tujuannya membantu kepercayaan diri dan mental untuk tampil di depan. Berilah penilaian setiap kelompok agar mereka lebih terpacu dalam belajar. Bila perlu setiap kelompok yang memiliki nilai tertinggi berikan hadiah sederhana untuk menambah semangat mereka.

Nah, sekian artikel saya dengan judul lembar pengamatan IPA kelas 2 SD . Jika ada saran kepada saya, jangan sungkan memberikan sarannya di kolom komentar . Catatan komentar harus bermuatan positif demi perkembangan blog saya. 

Untuk lembar pengamatan part 2, saya akan menuliskannya Minggu depan tetapi tidak di bubuhi dengan panduannya. Terimah kasih sudah berkunjung.

Penulis : P. Samosir