This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Konsep Penjelasan IPA Kelas 6 SD Materi :Gaya Dan Gerak Benda

Konsep Penjelasan IPA Kelas 6 SD Materi :Gaya Dan Gerak Benda

A. GAYA
Pernahkah kamu mendorong mobil! Ketika kamu mendorong mobil pada saat itu kamu sudah memberikan gaya terhadap mobil tersebut.
Sumber gambar : shutterstock

Pernah kamu menarik ketapel? Menarik ketapel juga adalah salah satu prinsip yang menggunakan gaya. Gaya dapat membuat benda bergerak. Sehingga terjalin hubungan yang erat antara gaya dan gerak . Dimana ada gerak disitu ada gaya.

Ada banyak jenis-jenis gaya yang beroleh kita lihat atau kita amati dari proses pengaruh gaya. Tapi ingat ya sobat, gaya tidak bisa dilihat melainkan hanya bisa dirasakan dan mengamati akibat pengaruh gaya. Contohnya: buah apel jatuh ke tanah yang di pengaruhi oleh gaya gravitasi bumi.

Apakah yang dimasuk dengan gaya ?

Gaya adalah dorongan atau tarikan pada suatu benda yang mengakibatkan benda tersebut berubah bentuk dan bergerak atau berpindah tempat.

Gaya adalah besaran vektor sebab mempunyai besar ( nilai ) dan arah.
Sedangkan gerak adalah benda yang berpindah tempat yang dipengaruhi oleh gaya.

Basar kecilnya Gaya dapat diukur melalui alat dinamometer, dimana satuanya dalam newton atau satuan turunannya adalah kilogramforce (kgf).

Sampai disini sobat sekalian masih pahamkan. Hehehe....

Apakah gaya memiliki sifat?

Tentunya gaya memiliki sifat, apa sajakah itu?

1. Gaya dapat mengubah bentuk benda.

Artinya adalah setiap benda yang dipengaruhi oleh gaya secara berlebihan baik benda lunak atau keras dapat mengubah bentuknya. Contohnya : ketika kita membentuk plastisin sesuai dengan kesukaan kita atau ketika guru memakai kapur untuk menulis di papan tulis hitam.

2. Gaya dapat mengubah arah gerak benda.

Artinya adalah setiap benda yang dipengaruhi gaya, dapat mengubah arah gerak benda. Contohnya : ketika kita menarik ketapel ada dua gaya yang bekerja, gaya pertama diberikan oleh tarikan kita sendiri dan gaya kedua dipengaruhi oleh karet pada ketapel. Karet ketapel kita tarik kebelakang dan kemudian ketika kita lepas maka karet akan melontarkan benda kerah depan. Gaya yang dimiliki karet dinamakan gaya pegas atau elastisitas.

3. Gaya dapat mempercepat gerak benda.

Artinya adalah setiap benda yang bergerak lambat dapat dipercepat dengan menambah besarnya gaya. Contohnya: Budi pergi ke sekolah dengan naik sepeda . Diperjalanan Budi mengendarai sepeda dengan lambat, tetapi tanpa disadari oleh Budi jam sudah menunjukkan pukul 6.50 padahal jam masuk sekolah jam 7 tepat. Karena Budi sudah merasa terlambat maka Budi mempercepat Dayungan pada sepeda sehingga membuat laju sepeda yang tadinya lambat menjadi cepat.

4. Gaya dapat memperlambat kecepatan benda.

Artinya selain mempercepat benda, gaya juga dapat memperlambat kecepatan benda. Contohnya: Budi mengendarai sepeda dengan ugal-ugalan tetapi ia melihat ada seekor kucing dijalan yang dilaluinya. Apakah yang akan dilakukan Budi, agar kucing tidak tertabrak sepeda Budi? Tentunya Budi akan menekan rem agar memperlambat kecepatan sepeda yang di kendarai ya.

Baca juga :
• lembar praktek ipa gaya dan gerak benda.
• Perkembangbiakan Makhluk hidup.

Bagaimanakah cara bergerak suatu benda mati yang dipengaruhi oleh gaya ?

Ada 4 jenis gerak benda mati?

1. Gerak memggelinding

2. Gerak berputar

3. Gerak jatuh

4. Gerak mengalir

Apa sajakah faktor yang mempengaruhi gerak benda ?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi gerak benda, yakni :
1. Besar kecilnya suatu gaya terhadap benda yang mempengaruhi gerak benda.

Artinya semakin besar sebuah gaya memperbaharui gerak benda maka semakin cepatlah pergerakan suatu benda. Atau semakin besar gaya mengenai benda maka benda akan semakin jauh berpindah tempat.

2. Kekasaran permukaan lintasan.

Artinya setiap benda yang bergerak dipengaruhi oleh kekasaran permukaan lintasan. Semakin kasar permukaan benda semakin lambat lah pergerakan suatu benda. Contoh: kelereng yang menggelinding di lantai keramik lebih cepat dibandingkan kelereng menggelinding di permukaan jalan yang berbatu.

3. Bentuk benda.

Pergerakan suatu benda juga dipengaruhi oleh bentuk benda. Semakin bulat permukaan suatu benda semakin mudah benda bergerak. Contohnya: kelereng atau tabung silinder. Jika kita membandingkan pergerakan suatu benda yang berbeda bentuk maka akan dapat kita amati perbedaan kecepatan bergerak benda.

Contohnya: kelereng dan kubus.
Yang manakah dari kedua contoh diatas yang lebih cepat bergerak?
Jawab : kelerenglah yang akan lebih cepat bergerak dibandingkan kubus. Karena kubus memiliki sudut datar pada permukaanya sehingga mempersulit pergerakan pada kubus.

4. Massa benda atau bobot benda.

Artinya benda yang bergerak akan dipengaruhi oleh keringan suatu benda. Semakin ringan benda semakin mudah gaya mempegaruhi gerak benda. Dan semakin berat benda makan semakin sulit gaya memberikan pengaruh terhadap gerak benda. Contohnya : ketika mobil truk membawa muatan batang pohon yang beratnya 6 ton, sehingga memungkinkan pergerakan truk sangat lambat.



B. JENIS-JENIS/MACAM-MACAM JENIS GAYA.

Ada 2 macam jenis gaya :

1. Jenis gaya ditinjau dari prosesnya.

√. Gaya sentuh artinya gaya yang bekerja bersentuhan dengan benda. Contohnya : gaya yang diberikan ketika mendorong meja dan pintu rumah.

√. Gaya tak sentuh artinya gaya yang bekerja tidak bersentuhan dengan benda. Contohnya : ketika apel jatuh dari pohonnya .

2. Jenis gaya ditinjau dari sumbernya

√. Gaya magnet
√. Gaya gravitasi bumi
√. Gaya pegas
√. Gaya listrik
√. Gaya gesek
√. Gaya mesin
√. Gaya otot
√. Gaya pada zat cair

Baca juga: Penjelasan  jenis-jenis gaya atau macam macam gaya 

Sekian artikel KONSEP PENJELASAN GAYA DAN GERAK BENDA. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan sobat sekalian. Natikan juga artikel menarik lainya hanya di blog kami.

Salam saya dari :
ES ERSAM

Penulis : P. SAMOSIR