This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Lembar Pengamatan IPA kelas 6 : Pelestarian Makhluk Hidup Pada Hewan

Lembar Pengamatan IPA kelas 6 : Pelestarian Makhluk Hidup Pada Hewan

Hello sobat sekalian,

Maaf saya jarang update artikel dikarenakan aktivitas yang sibuk di dunia nyata.

Baik, kali ini saya akan membuat lembar pengamatan khusus kelas 6 sd pada pelajaran atau bidang studi IPA. Pada materi pelajaran kali ini, siswa dituntut lebih aktif untuk mendapatkan pengetahuan tentang pelestarian makhluk hidup. Mengapa demikian ? Karena pada materi ini, peran guru dalam mejelaskan pelajaran hanya sedikit.
sumber: ES ERSAM
Contohnya guru hanya menjelaskan sistem peta konsep ekosistem dan upaya yang akan dilakukan dalam melestarikan lingkungan hidup makhluk hidup.
Untuk itu, saya akan menuliskan bagaimana lembar pengamatan yang baik untuk pelajaran IPA materi pelestarian makhluk hidup.

Sebelumnya, kita ketahui dulu apa aja tujuan pembelajaran dalam bidang afektif, psikomotorik dan kognitifnya. Setelah kita mengerti apa tujuannya maka kita dapat membuat lembar pengamatan.

Langsung saja simak Lembar pengamatan IPA berikut ini:

Judul: HEWAN YANG TERANCAM PUNAH.
Sub judul: Hewan endemik Indonesia yang terancam punah.

Tujuan pembelajaran :
✓ mampu mengetahui penyebab punahnya hewan endemik Indonesia.

✓ mampu menyebutkan contoh hewan punah endemik Indonesia.

✓ mampu menyebutkan cara pelestarian hewan menurut pribadi.

✓ mampu mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan hewan endemik Indonesia.

Alat dan bahan
1. Gambar dan asal-usul hewan endemik Indonesia.

2. Buku refrensi IPA kelas 6 sd.

3. WiFi untuk search informasi IPA lebih dalam luas lagi. ( Jika dibutuhkan )

4. Sediakan lembar kerja siswa.

Langkah kerja :
1. Bekerja sama lah dengan kelompokmu dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

2. Pahami lah informasi yang sedang kamu baca.

Pertanyaaan dalam pengamatan :
Disini sangat membantu sekali, kita bubuhi pertanyaan yang menjadi pembatas materi yang akan dipahami siswa.

Apa sajakah pertanyaan yang cocok dan dominan dalam mengalih pengetahuan dari wacana ipa kelas 6 sd tersebut ?

1. Tuliskan lah contoh hewan endemik Indonesia yang hampir punah!

2. Cari tahu bersama kelompokmu, berasal dari mana hewan yang hampir punah yang ada di Indonesia ! Sesuaikan dengan contoh nomor 1.

( Catatan : kenapa saya tidak mencantumkan soal no 2. Ke nomor 1. Manfaatnya adalah membantu siswa dalam bekerjasama , berusaha dan kerja keras serta menguji kesabaran siswa )

3. Apa sajakah yang menyebabkan hewan endimik Indonesia hampir punah ?

sesuaikan jawaban dengan contoh soal no.1

4. Jika semua hewan punah pada soal nomor 1. Apakah dampak buruk bagi keseimbangan ekosistem ?

5. Menurut kelompokmu, apa sajakah upaya yang kamu lakukan dalam menjaga kelestarian alam atau makhluk hidup?

6. Apa sajakah upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian alam atau makhluk hidup di Indonesia ? Serta buat definisinya.

7. Menurut kelompokmu, apakah tujuan pembelajaran yang sedang kamu pelajari?

8. Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan mu.

Nah, saya kira itulah lembar pengamatan yang baik dan bisa diterapkan terhadap anak didik kelas 6 SD. Lebih kurangnya kreatif guru teman semua.

Jika sobat mempunyai pertanyaan atau kritik, mari luangkan waktu sedikit dalam berdiskusi pada kolom komentar yang sudah disediakan.  Dan jangan lupa share keteman kita yang lainnya .

Terimah kasih sudah bersama kami ...

Salam saya : ES ERSAM
PENULIS : P. SAMOSIR.