This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Amanat Pembina Upacara tentang: Belajar Yang Baik

Amanat Pembina Upacara tentang: Belajar Yang Baik

Berikut ini saya akan menuliskan contoh wejangan atau amanat pembina upacara BELAJAR YANG BAIK.LANGSUNG SAJA...
yang di lakukan di hari Senin. Judul wejangan yang saya buat kali ini adalah

Pertama-tama kita pantas mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan berkatnya selalu menyertai kita semua mulai malam hingga kita berkumpul di pagi hari ini.

Yang saya hormati SUSTER KEPALA SEKOLAH, yang saya hormati BAPAK/IBU GURU dan yang saya sayangi anak didik kami seluruhnya .

Selamat pagi bagi kita semua ..
Adapun saya berdiri disini selaku pembina upacara ingin menyampaikan wejangan bapak yang berjudul : BELAJAR YANG BAIK. Sebelumnya saya menyampaikan wejangan terlebih dahulu, saya  mengomentari para petugas upacara untuk hari ini. Petugas upacara sudah baik dan para paskibra juga sudah baik, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi untuk lebih baik lagi.

Baik, belajar adalah suatu usaha atau suatu upaya untuk mengetahui sesuatu, baik itu ilmu, baik itu agama, dan juga ilmu sosial. Banyak diantara anak didik kami belum mengerti apa itu arti belajar, oleh karena itu niat belajar atau motivasi belajarnya sangat berkurang. Belajar adalah kunci untuk menguasai ilmu pengetahuan . Dan ilmu pengetahuan adalah kekuatan buat diri kita. Belajar yang baik yang akan kita lakukan adalah sesuatu yang sangat luar biasa bagi anak didik kami. Karena, tidak semua para peserta didik melakukanya dengan baik.

Mengapa bapak berkata seperti itu?

Contoh sederhana yang sering terjadi ketika pembelajaran disekolah adalah tidak mengerjakan tugas, tidak pernah membaca buku dan lebih parahnya ketika gurunya menjelaskan ada yang ngantuk dan ada juga tidak mendengarkan dan berbicara-bicara dengan teman sebangkunya. Dan bukan hanya itu saya, ketika pergantian les pembelajaran, beberapa anak didik kami langsung berkeliaran di kelasnya masing-masing.

Oleh karena itu, bapak mengajak anak didik kami untuk melakukan kegiatan belajar yang baik di sekolah maupun di rumah. Apa saja tips yang harus dilakukan dalam hal belajar yang baik ?

1. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
Dengan memiliki rasa ingin tahu yang besar pada anak didik kami, saya yakin cara belajarmu akan berubah 100%. Artinya anak didik kami dituntut bukan hanya menguasai dalam bidang teori tetapi dapat menguasai dalam.bidang praktek. Contohnya : pertumbuhan kacang pasti diawali tumbuhnya akar. Nah, untuk mengetahui apa benar teori tersebut, maka dibutuhkan rasa ingin tahu melalui praktek sederhana.


2. Memiliki semangat usaha yang besar.
Selain memiliki rasa ingin tahu, anak didik kami juga harus memiliki semangat tinggi dalam hal belajar. Artinya anak kami memiliki rasa kritis dan haus akan ilmu.

3. Tidak menunda-nunda dalam hal belajar.jika anak didik kami ada tugas atau PR, segeralah dikerjakan. Jangan pernah tunggu hari esok untuk mengerjakannya. Karena ada pepatah mengatakan: hanya orang yang memulailah yang akan menyelesaikan masalah. Dan yang tidak memulai akan terpuruk dalam masalah.

4. Berdoa.
Apapun ceritanya dan sepintar apapun kita? Tetap kita dasari ilmu kita dengan iman. Jika ada masalah baik kecil atau besar maka bapak sarankan berdoalah agar anak didik kami dimudahkan dalam menyelesaikan masalah.

Itulah ke-4 tips yang bisa bapak berikan untuk hari ini demi cara belajarmu yang baik. Sekian wejangan bapak untuk hari ini, semoga apa yang bapak sapampaikan dapat dicerna oleh anak didik kami serta membawa manfaat bagi anak didik kami.

Akhir kata saya ucapkan : terimah kasih.

Sekian penulisan contoh amanat pembina upacara yang dilakukan setiap hari Senin dengan judul : BELAJAR YANG BAIK.

PENULIS : P. SAMOSIR