This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Contoh amanat Pembina Upacara berjudul : Memiliki Prestasi Yang Baik

Contoh amanat Pembina Upacara berjudul : Memiliki Prestasi Yang Baik

Pertama-tama kita pantas mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan karunia-Nya yang selalu mengalir pada diri kita masing-masing.

Yang saya hormati " suster kepala sekolah", yang saya hormati guru-guru dan staf pegawai serta yang saya cintai anak didik kami seluruhnya.

Selamat Pagi buat Kita semua,

Pada hari ini, saya selaku pembina upacara akan menyampaikan hal-hal penting yang bisa kita renungkan atau sebagai motivasi untuk anak didik kami seluruhnya. Adapun wejangan bapak hari ini berjudul : MEMILIKI PRESTASI YANG BAIK.
Memiliki prestasi yang baik
Apa itu prestasi ?

Prestasi memiliki arti yang sangat luas tergantung pada sisi kondisi yang dicapai. Prestasi adalah suatu hasil yang dicapai dengan usaha yang baik. Misalnya prestasi belajar yang didapatkan ketika juara 1,2 dan 3 di kelas atau bersifat umum disekolah. Diantara teman-teman anak didik kami pasti ada yang berprestasi, yakni rangking 1 atau juara 1 di kelas. Mengapa siswa itu bisa mendapatkan rangking 1. Tentunya dengan hasil usaha dan upaya dalam mempelajari semua mata pelajaran. Nah itulah salah satu contoh  prestasi yang baik yang dapat kita tiru.

Disini bapak bukan hanya menyampaikan hanya yang rangking 1 adalah prestasi, tatapi dalam berbagai hal. Ada juga prestasi yang kurang baik, yakni mendapatkan rangking 1 kelas dengan cara mencontek atau membuat itilan ketika saat mengikuti ujian disekolah. Sebenarnya, apanya sebenernya makna prestasi ?

Prestasi yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu bersyukur apa hasil yang kita dapatkan dengan hasil usaha kita sendiri, baik itu hasilnya buruk ataupun baik. Nah itulah makanya sebenarnya memiliki prestasi yang baik. Ada juga beberapa orang memiliki prestasi dan langsung menyombongkan diri dan tidak ingin mengembangkan kelebihan baik lagi. Langsung puas akan hasil yang di dapatkan. Nah, itulah salah satu contoh orang berprestasi yang tidak baik.

Diantara anak didik kami, banyak yang seperti itu dan langsung menyombongkan diri dan lebih anehnya lagi ada rasa tidak mau tahu akan hal tersebut .  Disini bapak mengajak anak didik kami agar memiliki prestasi yang baik yang sesungguhnya. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam mencapai prestasi yang baik, yakni :

1. Berdoa
Segala apapun Masalahnya baik berat atau ringan tetap pondasinya yang lebih utama adalah berdoa.

2. Berusaha
Jangan kita berani bermimpi tetapi tidak dibarengi yang namanya usaha maka hasilnya akan nol. Untuk itu berusahalah sekuat semampumu.

3. Bersyukur akan hasil yang didapatkan.
Apapun hasilnya kita harus mampu bersyukur dan belajar dari pengalaman.

4. Jangan pernah puas akan hasil hari ini, tetapi tetapi tetaplah kembangkan hasil prestasimu, dan kelak kamu akan berhasil atau kamu akan menjadi orang sukses.

Sekian wejangan yang bapak sampaikan hari ini, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi anak didik kami seluruhnya. Akhir kata saya ucapakan terimah kasih.

Sekian penulisan amanat pembina upacara bwrjudul : memiliki prestasi yang baik. Semoga bermanfaat.

Penulis : P. Samosir

Tag : Motivasi Pendidikan