This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

RENCANA PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS V SD MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP

RENCANA PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS V SD MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP

 PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM

DETEKTIF MAKHLUK HIDUP

Nama Sekolah                                 

Kelas                                                 : VI ( Enam ) SD

Fase / Semester                                : C / 1 ( Satu )

Materi                                              : Ciri Khusus Makhluk Hidup

Dimensi Profil Lulusan                    :1. Penalaran Kritis

2. Kreativitas

3. Kolaberasi

4. Kemandirian

5. Komunikasi

Alokasi Waktu                                 : 1 Pertemuan x 3 JP

A.   Kompetensi Awal
1.
Mengenal jenis-jenis hewan yang ada di lingkungan dan beberapa hewan liar
2. Peserta didik dapat megidentifikasi ciri khusus hewan

B.   Tujuan Pembelajaran

3.1   Mengidentifikasi ciri-ciri khusus hewan dan Tumbuhan

C.     Pengetahuan Bermakna
Memahami hubungan antara ciri khusus fisik dan fungsinya dapat membantu hewan beradaptasi dengan lingkungan baik tujuannya untuk memperolah makanan, menghindari predator, habitat dan suhu.

D.     Kerangka  Pembelajaran

Praktik Pedagogis
Pendekatan pembelajaran Design for change Project
dengan cara : feel ( merasakan ). Imagine ( bayangkan ), do ( lakukan ),  share

Lingkungan Pembelajaran
Budaya Belajar :
mendorong peserta didik untuk menganalisis ciri fisik hewan dan memahami keterkaitan ciri fisik dengan fungsinya saat hewan berada di lingkungan.
Ruang Fisik :

Ruang kelas yang digunakan dalam pembelajaran secara interaktif melalui pengamatan, diskusi kelompok.
Pemanfaatan digital :

Gambar fisik hewan dan Vedio pembelajaran tentang ciri fisik hewan dan fungsinya.

Kemitraan Pembelajaran :
Antar peserta didik ;
bekerja dalam kelompok dalam megidentifikasi ciri khusus hewan.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
Mengamati ciri fisik dan fungsinya

Alur kegiatan pembelajaran  melalui Design for change

Feel

Imagine

Do

share

Peserta didik melakukan analisis melalui vedio pembelajaran
( memahami )

Peserta didik dengan kelompoknya menyatarakan hasil pendapat yang akan menjadi kesimpulan utama

( memahami )

Membuat peta pikiran dari hasil diskusi ( mengaplikasikan )

Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
(mengaplikasikan dan merefleksikan )

 


Prinsip Pembelajaran : Berkesadaran, Bermakna, Dan mengembirakan

1.      (bermakna) Pendidik menyajikan gambar kontekstual yakni gambar anjing menjulurkan lidah untuk dijadikan sebagai pertanyaan pemantik.

·      Mengapa anjing menjulurkan lidahnya ?

·      Mengapa hewan melakukan adaptasi ?

·      Apa yang menjadi ciri khusus hewan ?

·      Apa tujuan hewan memiliki kondisi fisik yang memiliki kemampuan yang berbeda dengan hewan lainnya ?

2.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan jawaban sesuai kemampuan awalnya. Setelah usai, pendidik memberikan tujuan pembelajaran yang akan diampu oleh peserta didik selama pertemuan pertama.

3.      Peserta didik dengan kelompooknya mendengarkan penjelasan bagaimana alur pembelajaran secara berkelompok.

4.      Peserta didik dengan kelompoknya menyaksikan vedio pembelajaran tentang ciri khusus makhluk hidup. Masing-masing dari setiap anggota menuliskan apa yang sudah diamatinya.

5.      ( berkesadaran ) Peserta didik berdiskusi untuk menyamakan hasil pendapat dan bersama mencari kesimpulan yang tepat sebagai solusi atas pemecahan masalah yang telah dihadapi setiap kelompok.

6.      Setiap kelompok menyajikan hasil diskusi dengan membuat peta pikiran mengenai nama hewan, ciri fisik, fungsinya dan tujuannya.

7.      ( mengembirakan ) Peserta didik menunjukkan hasil kelompok dengan presentasi atau bermain peran di depan kelas.

8.      Pendidik memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang telah menyelesaikan tugas dan presentasi

9.      Pendidik memberika kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan hasil belajar hari ini.

10.   Peserta didik mendengarkan topik materi pembelajaran selanjutnya.



untuk format asessman tinggal menyesuaikan tergantung bapak/ibu pengguna. jika ingin request silahkan tulis di kolom komentar.