PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM
DETEKTIF MAKHLUK HIDUP
Nama Sekolah :
Kelas : VI ( Enam ) SD
Fase /
Semester : C / 1 ( Satu )
Materi : Ciri
Khusus Makhluk Hidup
Dimensi Profil Lulusan :1. Penalaran Kritis
2.
Kreativitas
3.
Kolaberasi
4.
Kemandirian
5.
Komunikasi
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan x 3 JP
A.
Kompetensi Awal
1. Mengenal
jenis-jenis hewan yang ada di lingkungan dan beberapa hewan liar
2. Peserta didik dapat megidentifikasi ciri khusus hewan
B. Tujuan Pembelajaran
3.1
Mengidentifikasi ciri-ciri khusus hewan dan Tumbuhan
C. Pengetahuan
Bermakna
Memahami hubungan antara ciri khusus fisik dan fungsinya dapat membantu hewan
beradaptasi dengan lingkungan baik tujuannya untuk memperolah makanan,
menghindari predator, habitat dan suhu.
D. Kerangka Pembelajaran
Praktik Pedagogis
|
Lingkungan
Pembelajaran
|
Kemitraan
Pembelajaran :
|
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Mengamati ciri fisik dan fungsinya
Alur kegiatan
pembelajaran melalui Design for change
Feel
|
Imagine
|
Do
|
share
|
Peserta didik melakukan analisis melalui vedio
pembelajaran
|
Peserta didik dengan kelompoknya menyatarakan
hasil pendapat yang akan menjadi kesimpulan utama
( memahami )
|
Membuat peta pikiran dari hasil diskusi ( mengaplikasikan )
|
Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|