This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Fungsi Indrawi Manusia : Meningkatkan dan Mencerdaskan Spritual, IQ dan EQ ( Otak )

Fungsi Indrawi Manusia : Meningkatkan dan Mencerdaskan Spritual, IQ dan EQ ( Otak )

      
    Berpengetahuan adalah Ilmu logika, bahasa, sosial , dan budaya yang melekat erat pada manusia. atau bisa saja diartikan Berpikir dalam menetukan sesuatu yang penting. Ada 3 kecerdasan utama pada manusia yaitu Kecerdasan Spritual, Kecerdasan emosional dan Kecerdasan Intelektual. Dalam meningkatkan ketiga utama kecerdasan manusia tersebut maka kita memerlukan 5 Alat Indra ( Indrawi ) Manusia. Apa itu indra?

   Dalam upaya meningkatkan pengetahuan anda terlebih dahlu menyadari bahwa pentingnya pengetahuan dalam menunjang pola hidup yang baik. Satu hal yang harus di ingat para sobat ersam, dalam berpengetahuan harus dilandasi dan memiliki pondasi yang kuat yaitu : Iman. Tanpa iman pengetahuan kita pasti lari jalur dan mengarah kearah yang negatif sehingga menyebabkan dampak buruk.
   
     Indra adalah merupakan bagian tubuh untuk mengenali lingkungan dan memberi respon terhadap segala rangsangan yang diberikan  oleh lingkungan.  Setiap indra terhubung dengan syaraf yang berfungsi mengantarkan rangsang kepusat saraf ( otak ) yang kemudian akan timbul respon terhadap rangsang.

Setelah anda tahu apa definisi indra, maka anda akan tahu pentingnya kelima indra tersebut dalam membantu meningkatkan perkembangan otak dalam pengetahuan. Langsung saja simak kelima indrawi pada manusia ;

1. Indra Penglihatan ( Mata )
Dalam hal meningkatkan perkembangan otak anda, maka anda memerlukan kinerja indra penglihatan anda. Kinerja IP ini sangat bervariasi tergantung pada anda dalam menggunakannya dengan baik. Yang kamu lakukan adalah melihat.

Dalam hal melihat anda diarahkan untuk melakukan sesuatu, yakni ;
a. Membaca buku = fungsinya menambah wawasan dan bahan dasar untuk berpengetahuan
b. Mengamati lingkungan sekitar dan menyesuaikan kebenaran apa yang anda baca.
c.  menganalisa pembelajaran bagaimana sangkup paut pada lingkungan alam.

2. Indra peraba dan pedeteksi lingkungan
     Pada indra yang satu ini dalam hal pembelajaran membantu anda membedakan perbedaan cuaca. Ketika anda dihadapkan pada daerah panas dan dingin maka sensor saraf pendeteksi bekerja dan menyampaikannya ke pusat dan menganalisa apa yang terjadi. Sehingga anda tahu bagaimana suhu panas dan suhu diingin.

Indra ini juga dapat memberikan pengetahuan yang berbeda, ketika anda dihadapkan berbagai jenis benda dan bagaimana krakteristik benda tersebut. Dengan meraba anda akan tahu bagaimana ciri benda tersebut: apakah bulat, segitiga, persegi, tabung, kasar, halus, licin dan lain2.

3. Indra pendegar ( kuping )
      Pada indra ini juga membantu kita menambah pengetahuan, yaitu mendengarkan penjelasan pengetahuan yang anda belum ketahui atau yang sukar anda pahami lewat analisa sendiri. Pada indra ini anda diarahkan melakukan:
a. Mendengarkan penjelasan pengetahuan dari guru, dosen, teman atau orang tua.
b. Mendengarkan berbagai bunyi untuk dapat membedakan bunyi.
c. Melakukan percobaan mendegarkan kuat lemahnya bunyi.
d. Mencoba mendegarkan ragam bunyi dari berbagai sumber

4. Indra pembau
Pada indra ini memberikan kita pengetahuan bagaimana bau-bauan yang ada pada lingkungan alam. Baik itu baunya wangi ataupun bau busuk. Indra ini membantu anda mengenali berbagai wewangian dan juga macam bau busuk. 

Dalam hal mencium sangatlah berpengaruh pada kenyamanan Hidup manusia. Apa lagi dalam nuansa belajar, Aroma yang khas dapat membantu menstimulus otak manusia dalam memperlancar daya ingat dan juga memperlancar kecepatan analisa otak. Karna setiap kita mencium sesuatu, pasti secara otomatis otak bekerja dan menganalisa berbagai ragam bau. Karna bebagai bau mempergaruhi pola hidup.

5. Indra perasa
Pada indra ini memberikan kita berbagai macam rasa yaitu pahit, masam, asin dan manis. Pada indra ini sangat erat hubungannya dengan indra penglihatan dalam hal menganalisa berbagai rasa yang ada dilingkungan alam atau bumi.

Inilah cara kerja indrawi manusia dalam membantu meningkatkan pengetahuan pada pemiliknya. dan masih banyak lagi pengetahuan yang bisa kita raih melalui indrawi saat kita menggunakannya dengan baik. Okelah sobat ersam, hanya inilah yang bisa saya berikan informasi mengenai indrawi dalam hal membantu meningkatkan pengetahuan. Jika anda memberikan saran dan kritik silahkan coret-coret.
Semoga bermanfaat