This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

RPP FIsika SMK KELAS X Kurikulum 2013 Usaha,Energi,dan Daya

RPP FIsika SMK KELAS X Kurikulum 2013 Usaha,Energi,dan Daya




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendididkan    : SMK sw PERSIAPAN PEMATANG SIANTAR
Mata Pelajaran            : FISIKA
Kelas / Semester          : X / 1
Topik                        : Usaha,Energi,dan Daya
Alokasi Waktu            : 2 x 2 JP


A.    KOMPETENSI INTI
KI 1    :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli (gotong- royong,kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan  menunjukkan sikap sebaga bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam   pergaulan dunia.
KI 3    :  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, dan prosedural,berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan  masalah.
KI 4    :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan  tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     KOMPETENSI DASAR
KD 1.1 : Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksita alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya .
KD 1.2 : Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak fluida, dan kalor.
KD 2.1 : Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
KD 2.2 : Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
KD 3.7 : Memahami hukum kekekalan energi  
Indikator   :
1.      Menjelaskan pengertian energi
2.      Mengetahui hubungan antara energi kinetik, potensial, dan energi mekanik.
3.      Menentukan besar kecilnya energi suatu benda..
4.      Menjelaskan pengertian usaha
5.      Mengetahui hubungan antara usaha dengan energi.
6.      Menentukan besar usaha dari suatu benda.
7.      Menjelaskan pengertian daya.
8.      Daya guna atau efisiensi.
9.      Menghubungkan dan menyelesaikan permasalahan yang melibatkan usaha, energi dan daya.
10.  Menentukan daya dari suatu benda.

KD 4.2  : Menyaji hasil percobaan menggunakan konsep usaha, energi dan daya
Indikator  :
1.      Melakukan  percobaan mengenai konsep usaha,energy dan daya
2.      Menyaji dan mengolah data hasil pengukuran
3.      Membuat laporan tertulis hasil praktik
4.      Mempresentasikan hasil percobaan
          Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian energi.
2.    Menyebutkan satuan energi.
3.    Menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
5.    Mengamati perubahan bentuk energi.
6.    Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial.
7.    Menyebutkan hukum kekekalan energi.
8.    Menjelaskan pengertian energi mekanik
9.    Menyebutkan  bunyi hukum kekekalan energi mekanik.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
1. U S A H A
                Usaha adalah hasil kali komponen gaya dalam arah perpindahan dengan perpindahannya. Jika suatu gaya F menyebabkan perpindahan sejauh , maka gaya F melakukan usaha sebesar W, yaitu
W = F cos a .
                                                            
        F

                                                                       
                                                               F cos a   X
W = usaha   ; F = gaya    ;  = perpindahan  , a = sudut antara gaya dan perpindahan
Catatan : Usaha (work) disimbolkan dengan huruf besar  W
                Berat  (weight) disimbolkan dengan huruf kecil w
Jika ada beberapa gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka usaha total yang dilakukan terhadap benda tersebut sebesar : Jumlah usaha yang dilakukan tiap gaya,  atau Usaha yang dilakukan oleh gaya resultan.
2. ENERGI
Suatu system dikatakan mempunyai energi/tenaga, jika system tersebut mempunyai kemampuan  untuk melakukan usaha. Besarnya energi suatu system sama dengan besarnya usaha yang mampu ditimbulkan oleh system tersebut. Oleh karena itu, satuan energi sama dengan satuan usaha dan energi juga merupakan besaran scalar. Dalam fisika, energi dapat digolongkan menjadi beberapa macam antara lain :
Energi mekanik (energi kinetik + energi potensial) , energi panas , energi listrik, energi kimia, energi nuklir, energi cahaya, energi suara, dan sebagainya.Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan yang terjadi hanyalah transformasi/perubahan suatu bentuk energi ke bentuk lainnya, misalnya dari energi mekanik diubah menjadi energi listrik pada air terjun.
2. 1 ENERGI KINETIK.
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak. Energi kinetik suatu benda besarnya berbanding lurus dengan massa benda dan kuadrat kecepatannya.
Ek = ½ m v2
Ek = Energi kinetik  ; m = massa benda  ;  v = kecepatan benda
2.2 ENERGI POTENSIAL
Energi potensial grafitasi adalah energi yang dimiliki oleh suatu  benda karena pengaruh tempatnya (kedudukannya). Energi potensial ini juga disebut energi diam, karena benda yang diam-pun dapat memiliki tenaga potensial. Sebuah benda bermassa m digantung seperti di bawah ini.
m
 
                                      


               Jika tiba-tiba tali penggantungnya putus, benda akan jatuh. Maka benda melakukan usaha, karena adanya gaya berat (w) yang menempuh jarak h. Besarnya Energi potensial benda sama dengan usaha yang sanggup dilakukan gaya beratnya selama jatuh menempuh jarak h.
Ep = w . h  =  m . g . h
Sehingga : Ep = Energi potensial   ,
 w = berat benda    
m = massa benda   
g = percepatan grafitasi 
 h = tinggi benda
2.3 Enegi Mekanik
Energi mekanik (Em) adalah jumlah antara energi kinetik dan energi potensial suatu benda.
 Em = Ek + Ep
HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK.
Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.
Jadi energi itu adalah KEKAL.
Em1   =    Em2
Ek1 + Ep1  =  Ek2 + Ep2
3. Daya
Daya (P) adalah usaha yang dilakukan tiap satuan waktu.
P =
P = daya  ;  W = usaha   ; t =  waktu
Daya termasuk besaran scalar yang dalam satuan MKS  mempunyai satuan watt atau J/s
Satuan lain adalah : 1 HP = 1 DK = 1 PK = 746 watt
HP = Horse power     ;  DK = Daya kuda     ; PK = Paarden Kracht
1 Kwh adalah satuan energi besarnya = 3,6 .106 watt.detik = 3,6 . 106 joule

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan Saintifik
·         Model Pembelajaran Discovery Learning

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
·         Laptop /Infokus
·         Alat-alat percobaan

G.    SUMBER BELAJAR
·         Buku Referensi
·         Koneksi internet

H.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama : energy kinetik,energy potensial,dan energy mekanik
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·         Pemberian salam
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Menyampaikan judul materi
·        Apersepsi
-         Guru bertanya “jelaskan defenisi dari energi ?
-         Guru bertanya ”sebutkan beberapa contoh penggunaan konsep  energy kinetik,energy potensial,dan energy mekanik ?
·         Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi energy )
·         Motivasi (Memberikan tentang fenomena-fenomena tentang energy kinetik,energy potensial,dan energy mekanik dalam kehidupan sehari-hari)
·         Pemberian Acuan : 
1.      Garis besar materi energi
2.      Pembentukan Kelompok Diskusi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

20  menit
Kegiatan Inti
Mengamati :
·         Mengamati peragaan konsep energi kinetik,energi potensial,dan energy mekanik  pada benda
·         Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·         Membuat pertanyaan mengenai energi kinetik,energi potensial,dan energy mekanik  pada benda
·         Guru membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan  kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengeksplorasi
·         Mengumpulkan data-data aplikasi kekekalan energi pada teknologi dan rekayasa
Mengasosiasi
·         Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik
·         Mengelompokkan bentuk kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak benda
·          Guru membimbing / menilai kemampuan peserta didik dalam memecahkan   
 masalah dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·         Menyampaikan laporan lisan dan tertulis hasil diskusi kelompok
·         Guru menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan
60  menit
Penutup
·         Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran yang telah diajarkan.
·         Guru memberikan PR  kepada siswa.
·         Guru memberikan tugas baca kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
10  menit
                Pertemuan Kedua : Usaha
RINCIAN KEGIATAN
Waktu
Pendahuluan
·         Pemberian salam
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Guru menagih PR  dan  mengingatkan tugas baca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan judul materi
·        Apersepsi
-          Guru bertanya “jelaskan defenisi dari usaha ?
-          Guru bertanya ”sebutkan beberapa contoh penggunaan konsep  usaha ?
·         Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi usaha)
·         Motivasi (Memberikan tentang usaha pada benda  dalam kehidupan sehari- hari)
·         Pemberian Acuan : 
1.      Garis besar materi usaha
2.      Pembentukan Kelompok Diskusi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Mengamati peragaan usaha positif, usaha negatif, dan usaha nol pada benda yang dilakukan oleh guru
·         Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait usaha positif, usaha negatif, dan usaha nol pada benda
·         Guru membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan  kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengekplorasi
·         Peserta didik melakukan percobaan sederhana terkait konsep usaha pada benda
Mengasosiasi
·         Kelompok mendiskusikan hasil kegiatan tentang menganalisis hubungan antara usaha dengan energi.
·         Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan/memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
·         Guru menanggapi hasil presentasi untuk member penguatan , pemahaman dan mengklarifikasi miskonsepsi

60 menit
Penutup
·         Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran yang telah diajarkan.
·         Guru memberikan PR  kepada siswa.
·         Guru memberikan tugas baca kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
 10 menit
   Pertemuan ketiga : Daya
RINCIAN KEGIATAN
Waktu
Pendahuluan
·         Pemberian salam
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Guru menagih PR dan  mengingatkan tugas baca yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan judul materi
·        Apersepsi
-          Guru bertanya “jelaskan defenisi dari daya ?
-          Guru bertanya ”sebutkan beberapa contoh penggunaan konsep  daya ?
·         Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi daya)
·         Motivasi (Memberikan tentang daya  pada benda atau mesin (engine)  dalam kehidupan sehari- hari)
·         Pemberian Acuan : 
1.      Garis besar materi daya guna ( efisiensi )
2.      Pembentukan Kelompok Diskusi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
10  menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Peserta  didik  menyimak informasi mengenai daya sebagai laju perubahan energi atau usaha per satuan waktu
·         Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait daya guna ( efisiensi )
·         Guru membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan  kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengekplorasi
·         Mengumpulkan data-data aplikasi daya guna ( efisiensi ) pada teknologi dan rekayasa
Mengasosiasi
·         Kelompok mendiskusikan hasil kegiatan tentang menganalisis daya guna       ( efisiensi ) terhadap engine atau mesin
·         Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar
Mengkomunikasikan
·         Dua orang perwakilan setiap kelompok diminta untuk mempresentasekan tugasnya
·         Peserta lain menanggapi presentasi kelompok lain dan bertanya
·         Guru menilai kemampuan menyaji dan menalar serta komunikasi
60 menit
Penutup
·         Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran yang telah diajarkan.
·         Guru memberikan PR  kepada siswa.
·         Guru memberitahukan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
10  menit

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
Teknik dan Bentuk Instrumen

TES URAIAN
1.      Sebuah bola bermassa 0,1 kg dilempar vertikal keatas dengan kecepatan awal
20 m/s. dengan menggunakan hukum kekelan energy mekanik,hitunglah :s
a.       Waktu yang ditempuh bola sampai kembali lagi kepelempar
b.      Ketinggian maksimum
c.       Energy kinetic dan energy potensial bola ketika bola pada setengah ketinggian maksimummnya (g = 10 m/s2 ) ?
2.       Sebuah bola yang massanya 0,5 kg dilepaskan dari ketinggian 100m dari permukaan tanah . berapa energy kinetic pada saat bola berada pada ketinggian 50 m diatas permukaan tanah ?
3.      Sebuah benda dilempar vertikal keatas dengan kecepatan awal 20 m/s.bila massa benda 1 kg dan g = 10 m/s2.berapakah energy kinetic benda pada ketinggian 10 m ?
Jawaban
1.      Dik  :    m = 0,1
           
= 20 m/s
dit    :   a. t = .....? saat 
=0
            b.
=.....?
            c. Ek = ....? dan Ep =......? saat   ½
Penyelesaian
a.
= - gt
    0 = 20 – 10t => 10t =20
    t = 20/10= 2 sekon
b.
    20^2 = 2 10
 =>
   
c. Ep = 1/2m
  =   =>
  =  
 

2.  Dik  :   m = 0,5 kg
                             h =100 m
            Dit   :   Ek = ……? Saat h = 50 m
Penyelesaian
v =
v =
v =
v = 10
maka Ek =
Ek = ½ 0,5
Ek = 250 m/s

3.  Dik  :    
                        m =  1 kg
                             g  = 10
     Dit    :  Ek = …..?
Penyelesaian
                 = gt => 20 = 10 t
                 t = 20 /10 = 2 sekon
maka : v =
                             v =
                             v =
                             v = 10
jadi untuk energi kinetik adalah  Ek = ½ m
                 Ek = ½ 1 (10  )^2
                             Ek = 250 m/s

1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan

Instrumen
a.         Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME mengenai topik yang berhubungan dengan materi seperti benda-benda alam semesta yang diciptakan dengan sempurna tanpa kurang satu apa pun




2
Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap materi yang sedang dipelajari




3
Menunjukkan sikap objektif dalam mengemukakan pendapat dan mengambil kesimpulan




4
Menunjukkan sikap aktif dalam berdikusi/tanya jawab dan menyelesaikan masalah








Mengetahui                                                                             P. Siantar,  Agustus 2014
Kepala SMK Persiapan P. Siantar                                     Guru Mata Pelajaran Fisika


Edwin TH Simanjuntak, SE, M.Pd                                      Drs. Albeder Sihaan
NIP.                                                                                      NIP. 196004301987031008