This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Lembar Praktek Pengamatan IPA Kelas 5 SD : Cahaya dan Sifatnya

Lembar Praktek Pengamatan IPA Kelas 5 SD : Cahaya dan Sifatnya

Lembar Pengamatan IPA
CAHAYA DAN Sifat - Sifatnya

      Pada kesempatan kali saya akan membuat lembar pengamatan dalam praktek sederhan IPA pada MAteri Cahaya dan Sifat -sifatnya . Pastinya sobat ERSAM  pasti udah taukan apa itu cahaya ?. 



 Nah, untuk lebih memahami lebih luas tentang cahaya tentunya sobat ersam haruslah melakukan praktek terlebih dahulu atau bagi teman guru SD yang merasa anak didiknya belum memahami apa itu cahaya ? coba dekh lakukan percobaan ini dalam Tema Ilmuwan Cilik.


Tidak usah basa basi lagi, langsung saja lihat format Lembar Praktek IPA di bawah Ini :

Gambar ; Praktek IPA Cahaya
Ersamblog.blogspot.com
I . Alat dan Bahan
  • pensil
  • air jernih
  • susu sachet
  • gelas
  • baskom kecil
  • cermin datar 
  • 10 lembar kertas
  • kardus ukuran 10 x 25 cm
  • sendok makan
  • indra penglihatan
  • cahaya matahari
  • senter
  • lilin
  • jarum goni
  • benang
II. Nama Kelompok :

I.Melakukan pengamatan melalui praktek sederhana

1.Coba perhatikan sekitar ruang kelas kamu, apakah kamu dapat melihat benda – benda diruang kelas kamu?jika ya, Jelaskan alasanmu!
jawab :

2.Apa yang dimaksud dengan cahaya ?
Jawab :

3.  a. Pasanglah kardus persegi panjang secara sejajar dengan memberikan lubang pada bagian tengah kardus secara merata dengan menggunkan jarum goni. Hidupkan senter serta sinari lubang pada kardus. Lalu amati apa yang terjadi ?

b. Pasanglah persegi panjang secara jigzag, Kemudian sinari lubang kardus pertama, lalu amati apa yang terjadi ?
Pertanyaan
* sifat apakah yang pitunjukkan oleh cahaya pada praktek tersebut ?

Jawab ;

* gambarkan dan tuliskan 3 pola perambatan cahaya !

jawab :

4.      Sinarilah benda-benda berikut dengan senter yang sudah disediakan 
a. Buku                          i. kardus
b. Gelas                          f. dinding
c. Aqua gelas                 g. Kaca ruang kelas
d. sendok                       h. Larutan air susu
E. Meja

amatilah apa yang terjadi pada penyinaran benda-benda tersebut. Buatkanlah hasil pengamatan benda-benda tersebut ke dalam format tabel berikut :
No
Nama Benda
Tembus cahaya
Tidak tembus cahaya
Benda bening
Benda gelap
1





2





3





4





5





6





7





8





9






Pertanyaan 

a. sifat apa yang ditunjukkan oleh cahaya pada praktek tersebut ?
jawab :


b. apa yang dimaksud dengan benda bening dan benda gelap ?
jawab :

6. Ambil sebuah cermin datar, kemudian sinarilah dengan menfokuskan kecermin datar! Lalu amati apa yang terjadi ?

pertayaan
a. sifat apa yang ditunjukkan oleh cahaya pada peristiwa tersebut ?
jawab :

b. gambarlah prinsip grafik cahaya !
jawab :

7.ambil cermin datar  dan sendok kemudian suruh temanmu bergantian berkaca pada kedua benda tersebut. Pada sendok makan berkacalah pada sisi melengkung kedalam dan berkaca pada sisi melengkung keluar. Lalu amati yang terjadi pada bayanganmu?
a. tuliskan 3 nama cermin dari hasil percobaan!
jawab :

b. tuliskan sifat-sifat ke 3 cermin tersebut pada praktek 7!
jawab :


8. isilah air kedalam gelas sebanyak ¾ kemudian masukkan pensil dan pulpen secara bergantian. Lalu amati apa yang terjadi pada pensil dan pulpen jika dilihat dari samping atau dari atas gelas !
pertayaan
a. sifat apa yang ditunjukkan oleh cahaya pada praktek 6 ?
jawab ;
b. apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya jawaban pertayaan 8. a?
jawab :

9. * ambil baskom lalu masukkan air dan masukkan cermin datar kemudian hadapkan kearah cahaya matahari. Pantulan sinar matahari yang disebabkan cermin datar diarahkan ke tembok. Lalu amati apa yang terjadi ?
* mainkan gasing 7 warna, lalu amati apa yang terjadi ?
pertayaan
a. sifat apa yang ditunjukkan oleh cahaya pada praktek no. 9?
jawab :


II.  Jawablah dengan cara berdiskusi
1. Buatlah kesimpulan dari hasil praktek yang dilakukan oleh kelompokmu!
jawab :