RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan
Pendididkan : SMK sw PERSIAPAN
PEMATANG SIANTAR
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas
/ Semester : X / 1
Topik : Gerak dan Gaya
Sub
Topik : Gerak jatuh bebas
Alokasi
Waktu : 1 x 2 JP
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab,peduli (gotong- royong,kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebaga
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaankebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4
: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak Terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI
DASAR
KD1.1 : Menambah
keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan Kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya .
KD1.2 : Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak,
fluida, dan kalor.
KD2.1 :
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat;tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
KD2.2 :
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
indikator
1. Menunjukkan sikap jujur dalam aktivitas sehari-hari
2. Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan perobaan
indikator
1. Menunjukkan sikap jujur dalam aktivitas sehari-hari
2. Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan perobaan
KD3.3
:
Memahami konsep gerak benda titik melalui besaran-besaran
fisika yang terkait
indikator :
1. Membedakan pengertian perpindahan dan jarak
2. Membedakan pengertian kelajuan dan kecepatan
3. Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan rata-rata
4. Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan sesaat
indikator :
1. Membedakan pengertian perpindahan dan jarak
2. Membedakan pengertian kelajuan dan kecepatan
3. Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan rata-rata
4. Merumuskan persamaan kelajuan dan kecepatan sesaat
KD3.4 : Menerapkan
konsep gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap Indikator :
1.
Menguraikan
gerak jatuh bebas
2.
Menguraiakan vertikal keatas dan kebawa
3.
Menentukan
besaran-besaran dalam gerak jatuh bebas
KD
4.2 : Menyajikan hasil pengamatan terhadap gerak
benda ke dalam grafik
Indikator :
Indikator :
1.
Menggunakan
seperangkat alat percobaan sederhana tentang gerak jatuh bebas
2.
Menyaji
dan mengolah data hasil pengukuran
3.
Membuat
laporan tertulis hasil praktik
4.
Mempresentasikan
hasil percobaan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan belajar mengajar
selesai diharapkan siswa dapat :
1.
Menguraikan
gerak jatuh bebas
2.
Menguraiakan vertikal keatas dan kebawah
3.
Menentukan
besaran-besaran dalam gerak jatuh bebas
4.
Menggunakan
seperangkat alat percobaan sederhana tentang gerak jatuh bebas
5.
Menyaji
dan mengolah data hasil pengukuran
6.
Membuat
laporan tertulis hasil praktik
7.
Mempresentasikan
hasil percobaan
D. MATERI
PEMBELAJARAN
GERAK
JATUH BEBAS
"Gerak Jatu bebas diartikan sebagai suatu gerak
yang tidak memiliki kecepatan awal pada saat di titik puncak (kecuali jika ada
gaya hempas yang menyertai) dan memiliki kecepatan maksimum di titik paling
bawah"
"Gerak Vertikal Ke atas diartikan sebagai suatu gerak yang tidak memiliki kecepatan pada saat dititik puncak dan memiliki kecepatan maksimum saat di titik awal (adanya gaya hempasan ke atas)"
"Gerak Vertikal Ke atas diartikan sebagai suatu gerak yang tidak memiliki kecepatan pada saat dititik puncak dan memiliki kecepatan maksimum saat di titik awal (adanya gaya hempasan ke atas)"
Dalam mengerjakan soal-soal seperti ini cukup menggunakan teori Gerak Lurus Berubah Beraturan,
Gerak Jatuh Bebas :
·
=
+
2 as (tanda (+) menunjukan percepatan)
karena, kecepatan awalnya = 0, maka
kita bisa menuliskan ketinggiannya :
Gerak Vertikal ke Atas :
karena, kecepatan di titik puncak
(akhir) = 0, maka kita kita bisa menuliskannya :
Untuk rumus ini tetap, karena
dirumus ini tidak menyertakan kecepatan akhir. Sehingga rumusnya:
karena, kecepatan di titik puncak
(akhir) = 0, maka kita kita bisa menuliskannya :
Gerak Vertikal kebawah
“Gerak vertikal kebawah diartikan Gerak suatu benda yang
dilempar tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal (
tertentu, jadi
. Dalam
keseluruhan geraknya benda selalu mengalami percepatan gravitasi (g), sehingga
a = g. Benda yang mengalami gerak vertical ke bawah selalu bergerak kebawah,
sehingga arah kebawah ditetapkan sebagai arah positif. Persamaan gerak vertikal
ke bawah dengan ketentuana a = g.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan
Saintifik
·
Model
Pembelajaran Discovery Learning
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Laptop
/Infokus
·
White
boark
·
Alat-alat
percobaan sederhana
G. SUMBER
BELAJAR
·
Buku
Referensi
·
Koneksi
internet
H. LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Rincian kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
·
Apersepsi
-
Guru bertanya “jelaskan defenisi dari gerak jatuh
bebas?
-
Guru
bertanya ”sebutkan beberapa contoh penggunaan konsep
gerak jatuh
bebas
dalam kehidupan sehari hari?
1.
Garis besar materi gerak jatuh bebas
2.
Pembentukan Kelompok Diskusi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
:
Menanya :
·
Mengajukan pertanyaan terkait gerak jatuh bebas
·
Guru
membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip
dalam pemecahan masalah
Mengeksplorasi :
Mengasosiasi
:
·
Kelompok
berdiskusi menganalisis
besaran-besaran fisika dalam gerak jatuh
bebas
·
Kelompok
membuat rangkuman hasil diskusi dalam bentuk laporan diskusi
Mengkomunikasikan
:
|
60 menit
|
Penutup
|
10 menit
|
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Tes
Uraian
1. Coba
jelaskan pengertian dari gerak jatuh bebas
2. Buah kelapa terlepas dari tangkainya dan tiba di tanah
setelah tiga detik. Berapa kelajuan buah kelapa ketika menyentuh tanah ?
g = 10 m/s2
3. Benda jatuh bebas dari ketinggian 5 meter di atas permukaan
tanah. Tentukan (a) kelajuan buah kelapa ketika menyentuh tanah (b) Selang
waktu buah jatuh hingga tiba di tanah.g = 10 m/s2
Kunci Jawaban
1. Gerak jatuh bebas ialah suatu gerak benda
2. Diketahui : t = 3
sekon
g = 10 m/s2
Ditanya : vt = . . . ?
jawab:
g = 10 m/s2
Ditanya : vt = . . . ?
jawab:
Vt = g. t = 3.10 = 30 m/s
3. Diketahui : h = 5 meter
g = 10 m/s2
Ditanya : (a) Kelajuan akhir (vt) ?
(b) Selang waktu (t) ?
Jawab :
g = 10 m/s2
Ditanya : (a) Kelajuan akhir (vt) ?
(b) Selang waktu (t) ?
Jawab :
(a) Kelajuan akhir (vt)
Diketahui h dan g, ditanya v
vt2 = 2 g h = 2(10)(5) = 100 m/s
vt = 10 m/s
(b) Selang waktu (t)
Diketahui h dan g, ditanya t karenanya gunakan rumus kedua.
h = ½ g t2
5 = ½ (10) t2
5 = 5 t2
t2 = 5/5 = 1
t = 1 sekon
Selang waktu = 1 sekon
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Tes
Uraian dan Pilihan
|
FORMAT PENGAMATAN
KI
1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong
royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
No
|
Nama
Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tang-gung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1.
|
||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||
...
|
||||||||||||||||
31.
|
||||||||||||||||
32.
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan
yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu
hadir di kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan
LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati
aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung
jawab
a.
Berusaha
menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya
kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan
permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi
dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga
kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan
rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu
memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan
bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja
keras
a.
Mengerjakan
LKS dengan sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan
sikap pantang menyerah
c.
Berusaha
menemukan solusi permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian
dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan
pencapaian dalam waktu tertentu.
b.
Hasil
yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
c.
Penilaian
dilakukan selama proses mengamati, menanya, menalar, mengeksplorasi dan
mengomunikasikan, dengan menggunakan format berikut ini
No
|
Aspek yang
dinilai
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME mengenai topik yang
berhubungan dengan materi seperti benda-benda alam semesta yang diciptakan
dengan sempurna tanpa kurang satu apa pun
|
|||||
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
terhadap materi yang sedang dipelajari
|
|||||
3
|
Menunjukkan sikap objektif dalam
mengemukakan pendapat dan mengambil kesimpulan
|
|||||
4
|
Menunjukkan sikap aktif dalam berdikusi/tanya
jawab dan menyelesaikan masalah
|
Keterangan aspek penilaian
Nilai 100 – 95 = nilai A = 4
Nilai 95 – 85 = nilai B = 3
Nilai 75 – 65 = nilai C = 2
Nilai 65 – 55 = nilai D = 1