This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Lembar Praktek IPA Kelas 3 Sd: Ciri - Ciri Makhluk Hidup

Lembar Praktek IPA Kelas 3 Sd: Ciri - Ciri Makhluk Hidup

Ciri - ciri Makhluk Hidup adalah suatu karakter atau sifat yang menandakan suatu kehidupan, dimana setiap kehidupan membutuhkan ciri khas tersebut. Nah, apa sajakah yang tergolong yang merupakan ciri khas tersebut :
Praktek IPA SD :
Ciri - ciri makhluk hidup

* Pertama semua makhluk hidup memerlukan makanan. Contoh nya : manusia membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan, dari manakah energi itu? Energi bersumber dari bahan makanan yang kita peroleh atau kita makan, contohnya ; nasi, buah, sayur, lauk dan umbi.

* Kedua semua makhluk hidup harus bergerak. Mengapa harus bergerak? Tentunya kita tau, kalau makhluk hidup tidak bergerak maka makhluk hidup tidak dapat membutuhi kebutuhan energi. Contoh : harimau : harimau bergerak berlari untuk menangkap mangsanya. Jika harimau hanya diam atau tidak bergerak otomatis harimau tersebut pasti mati kelaparan.

  * Ketiga semua makhluk hidup bertumbuh. Coba bayangkan kalau kita, kecil terus otomatis kita tidak berdaya dan tidak dapat berbuat sesuatu.

  * Keempat semua makhluk hidup berkembang biak.

  * Kelima semua makhluk hidup bernapas.
Untuk mengetahui bagaimana penjelasan tentang ciri makhluk hidup lebih detail lagi. Baca artikel terkait di bawah ini, :


Nah, sekarang kita masuk pada pembuatan praktek IPA tentang ciri makhluk hidup. 

Agar pemahaman yang kita peroleh lebih efisien ditangkap oleh otak kiri kita. Bagaimana sobat, menarik kan?. Bagi teman guru juga bisa dipraktekkan langsung ke anak didik pada pembelajaran disekolah, agar anak didik terpacu menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.

Apa alasan saya mengatakan seperti itu ? Karena saya sudah membuktikan dalam pembelajaran praktek disekolah saya, Selian menarik siswa juga tertantang untuk melakukannya. Apa lagi kita membuat suatu media pembelajaran berdasarkan vidio, wahhhh makin menarik, bukan! 

Hehehehe...

Oh ea ya, kalau sobat guru atau teman semua ingin memberikan yang terbaik. Saya juga menyediakan paket pembelajaran disekolah, yaitu RPP 1 KD, lembar praktek, lembar kerja siswa dan Vidio serta penilian dengan harga yang sangat murah : Rp 20.000, 00. Saya jamin sobat semua tidak kecewa.

Sekarang kita langsung saja dalam pembuatan praktek IPA nya...

Materi : Ciri - ciri Makhluk Hidup

Tujuan :
* mampu memahami ciri - ciri makhluk hidup
* Mampu menyebutkan ciri ciri makhluk hidup

√ Alat dan bahan ;
1. Proyektor untuk menampilkan Vidio

2. Buatlah gambar - gambar yang sesuai dengan: ciri makhluk hidup atau lengkung ketempat terbuka untuk melihat kegiatan semua makhluk hidup.

3. Siapkan lembar kerja siswa ( pengamatan )

√ Langkah kerja :
1. Guru mengkondisikan siswa untuk berkelompok atau bisa juga yang bersifat pribadi.

2. Guru memberikan demostrasi singkat dalam melakukan praktek IPA ini.

3. Semua siswa masuk kedalam kelompok masing - masing.

4. Guru menyangkan Vidio pembelajaran atau memberikan gambar - gambar ciri makhluk hidup yang sedang melakukan kegiatan.

5. Guru memperhatikan tingkah laku  cara anak didik bekerja atau bisa di vidiokan guru, karena hasil Vidio ya nanti dapat memberikan pemahaman tentang ciri makhluk hidup yaitu bergerak.

√ Pertanyaaan yang harus dijawab :
1. Mengapa makhluk hidup memerlukan makanan? Apa sajakah Makana yang dapat memberikan energi yang lebih banyak? Jelaskan pendapat kelompokku?

2. Kita semua makhluk hidup melakukan kegiatan, maka terjadi pemanfaatan energi yang sangat banyak. Otomatis anggota tubuh terasa lemas dan tidak semangat. Faktor apakah yang menyebabkan peristiwa tersebut ? Jelaskan! Dan apa yang harus dibutuhkan ?

3. Tuliskan cara bergerak hewan dibawah ini : harimau, elang, ular, katak, dan ikan paus ! Dan untuk tumbuhan, jipang, kacang panjang, mentimun, lobak atau semangka.

4. Apa yang menyebabkan perbedaan cara bergerak hewan pada soal nomor 3?

5. Coba perhatikan gambar, ciri apakah yang ditunjukkan pada gambar tersebut? Mengapa demikian!

6. Tuliskan cara bernapas hewan berikut yang ada di Vidio pembelajaran ;
   1. Cacing
   2. Belalang
   3. Ikan
   4. Gajah
   5. Katak

Baca juga :
  • Skema Perubahan Bentuk Bulan

7. Untuk ciri bagian bertumbuh: kita harus  melakukan pengamatan. Apa saja diperlukan ?
Syarat ; tergantung banyak kelompok ya sobat.
   * Sediakan 2 Aqua gelas, 2 biji jagung, dan 1 kardus

   * Guru, mengarahkan untuk melakukan penanaman dalam dua tempat, 1 untuk ruang terbuka dan 1 lagi untuk ruang tertutup . Ingat kardus dilubangi dan lihat arah cahaya matahari.

   * Lakukanlah pengamatan selama 1 Minggu.

Kalau praktek yang merasa kelamaan, kita langsung bisa mengamati pertumbuhan rumput yang tumbuh sembarang. Ingat harus diukur ya memakai penggaris.

8. Berikanlah kesimpulan tentang apa yang kamu kerjakan?

Nah, itulah contoh lembar praktek IPA yang sangat sederhana dan kreatif. Jika praktek ini dilakukan dengan baik maka apa yang kita harapkan pasti langsung melekat pada otak kita.

Baca juga : cara mudah belajar IPA kelas 6 sd  materi : perkembangbiakan makhluk hidup

Sekian dulu penjelasan, bagaimana cara membuat lembar praktek IPA tentang materi : ciri - ciri makhluk hidup. Terimah kasih sudah membaca artikel saya. Dan nantikan artikel selanjutnya yaa....

Ingat berasal: dari rasa ingin tau dan selalu berusaha maka pengetahuan datang kepada kita.

Salam saya : Es ERSAM
Penulis : P. Samosir