This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Cara mendidik Anak kelas 2 Sd yang tergolong rumit.

Cara mendidik Anak kelas 2 Sd yang tergolong rumit.

Hello sobat ersam..
Salam hangat dari saya P. Samosir.

Pada hari ini saya akan membuat lembar Praktek yang berjudul : Bagian-bagian Tubuh hewan Di kelas 2 SD. Pada materi kelas 2 sangat sulit mengajarkan bagian tubuh hewan secara teori atau berupa reka-rekaan, tanpa adanya gambar atau Video yang di tampilkan.

Sumber : SDN 01 NUAR MAJU

Belajar dari pengalaman, saya adalah seorang guru SD yang mengajar dengan bidang studi IPA di sekolah saya.

Sewaktu saya masuk pertama kali kerja di sekolah saya, saya mengajar di kelas 2 hanya teori saja tanpa menggunakan media gambar dan juga video. Padahal dengan cara menggunakan perangkat pelajaran pastilah sangat mudah menerangkan pembelajaran. Memang saya akui anak kelas 2 yang saya tangani sangat luar biasa kreatif dan Antosias ketika saya masuk pertama kali.  Dan Mereka mengharapkan lebih dari saya.

Namun, saya memberikan pembelajaran yang sangat monoton bagi mereka. Sehingga terdapat diraut wajah mereka terkesan membosankan. Tapi untungnya saya punya ide sangat cemerlang untuk menarik perhatian mereka. Saya mengarang cerita tentang dunia hewan dengan penuh fantasi. Di saat bercerita saya menyelipkan bagian-bagian tubuh hewan tersebut serta menceritakan bagaimana kemampuan bagian tubuh hewan tersebut dalam mempertahankan hidup dan memperoleh kebutuhan.

Kalau dikatakan bagian tubuh hewan, semua orang dewasa mengatakan : wah , itu gampang kali mengajarkan itu ke peserta didik. Sama halnya juga dengan saya, dengan mengatakan hal sepele tersebut. Setelah masuk dan mulai mengajari, tampak pola pikir anak-anak tidak secerdas berpikir orang dewasa atau lebih dari mereka.

Pemikiran anak lebih condong dengan animasi yang membuat mereka tertarik dan mulai mencari tau. Bagaimanakah cara mencapainya itu semua?

Tidak lari dengan gambar animasi yang menarik dan Video kartun yang bisa kita gunakan . Kedua media tersebut sangat bagus untuk merangsang otak anak untuk mencari rasa ingin tahu yang dimiliki setiap anak.

Ketika apa yang kita lakukan tersampaikan dan dapat diterima anak didik, itulah sesuatu yang paling berharga bagi pendidik. Dan siswa akan selalu penasaran apa yang akan hendak mau di pelajari di kemudian hari. Jadi, secara otomatis mereka akan menyukai pendidik. Nah, bagaimana sobat? Mantap bukan!

Ha... Ha ... Ha...
Saya akan membocorkan rahasia yang sangat ampuh untuk masuk ke ruang pemikiran dan hati anak didik.

Apa sajakah yang harus dilakukan pendidik ?

1. Penguasaan kelas
Hal yang perlu di perhatikan pertama kali adalah penguasaan kelas. Ketika pendidik sudah menguasai kelas maka bisa dipastikan pembelajaran akan berlangsung dengan baik.

2. Mengetahui Psikologis anak didik
Ketika saya memberikan tehnik kedua ini, pasti semua sobat bertanya pada hati. Bagaimana cara melihat psikologis anak didik ? Sobat tidak perlu kwatir akan hal itu. Memang tidak gampang atau tidak sesulit apa yg kita pikir. Idealnya anak laki-laki sangat suka dengan yang namanya kekuatan dengan gaya bertarung. Dan perempuan sangat suka dengan bunga, boneka dan juga kekuatan spiritual dalam tokoh cerita. Berangkat dari situ kita kaitkan materi kita dengan materi pembelajaran . 
Contohnya : sikancil dengan otak cemerlangnya.
Jika mereka tertarik, maka kita sudah dapatkan psikologis anak sebagian. Dan untuk keutuhannya lakukanlah pengamatan di sepanjang pembelajaran dan cara bermainnya .

3. Memberikan salam dan senyuman setiap perjumpaan pembelajaran.

4. Membuat media pembelajaran .
Tentunya seorang guru harus mempunyai media pembelajaran yang menarik. Tujuannya mempermudah proses pembelajaran di sekolah. Dan siswa mudah memahami apa yang mau kita ajarkan.


5. Membuat RPP yang baik
Semua guru harus mempunyai RPP agar lebih mudah dalam proses pengajaran. Bertujuan agar tidak lari dari topik yang dibahas atau tidak terlalu luas .


6. Rajin memberikan penilaian
Disini dituntut pendidik memberikan latihan soal bagi anak didik agar terkoordinir kemampuan yang didapatkan pada waktu pembelajaran. Kemudian pendidik haruslah memberikan penilaian bagi anak didik .


7.  Pendidik harus bisa sebagai teman, orang tua dan dirinya sendiri.
Cara yang ke 7 ini, diharapkan pendidik mampu beradaptasi dengan anak didik. Ketika anak didik punya masalah, maka bisa di pastikan anak didik akan terbuka dengan gurunya. mengapa demikian ? Karena pendidik sudah menjadi sahabat, orang tua , Abang atau kakak bagi dirinya sendiri sebagai anak didik.


8. Awal dan akhir haruslah di awali dengan doa.
Pondasi yang kuat adalah iman. Melalaui berdoa kita akan mendapatkan kemampuan yang sangat luar biasa.

9. Setiap ada pembelajaran lakukanlah dengan sepenuh hati.

10. Memberikan sentuhan pada anak didik.
Kalau saya mendidik anak didik saya, pastinya saya sangat suka menyentuh ubun-ubun kepala anak didik. Terus, apa manfaatnya? Sentuhan memberikan percaya diri kepada anak didik dan memberikan pengharapan bahwa mereka sangat berarti bagi pendidik dan sebaliknya.


Itulah salah satu pengalaman yang bisa saya tuliskan bagi sobat ersam. Tidak ada lebih indah ketika sobat memberikan saran di kolom komentar yang bermuatan positif. Jika tulisan saya berbelit-belit mohon maaf, karena saya bukan penulis yang andal yang dapat membuat kosa kata yang baik.

Ouh ea ya, maaf jika pragaraf 1 tidak nyambung dengan pragaraf selanjutnya. Dan untuk judul tersebut akan saya selesaikan di Minggu depan.

Sekian cara mendidik anak SD kelas 2.
Saya ucapkan Terimah kasih.

Penulis : P. Samosir