This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Amanat Pembina Upacara Tentang : Menentukan Pilihan Yang Baik

Amanat Pembina Upacara Tentang : Menentukan Pilihan Yang Baik

Pertama-tama sebagai umat beriman, kita pantas mengucapkan  Rasa Puji Syukur kita untuk hari ini, karena berkat dan perlindungan-Nya kita masih bisa berkumpul di sekolah yang kita cintai ini.
Sumber gambar : Pixabay
Menentukan pilihan yang bsik
Yang saya hormati Suster Kepala Sekolah, serta bapak/ibu guru, staf pegawai SD St. Antonius Padua Tiga Dolok, dan yang sangat kami sayangi dan cintai  anak didik kami seluruhnya.

Selamat pagi bagi kita semua ...

Pertama saya mengucapkan terimah kasih kepada anggota Pelaksana Upacara yang sudah membawakan dengan upacara dengan baik " Kita berikan tepuk tangan untuk mereka ". Untuk itu kepada anggota PBB terus berikan yang terbaik di hari-hari berikutnya.

Adapun bapak berdiri disini ingin menyampaikan wejangan saya yang berjudul " MENENTUKAN PILIHAN YANG BAIK " YANG bertujuan memberikan motivasi yang baik bagi anak didik kami.M Menentukan sama artinya dengan Memutuskan atau membuat. Sedangkan Pilihan memiliki kata dasar Pilih yang artinya membuat keputusan. Jadi artinya membuat keputusan yang benar.

Memilih adalah salah satu yang sangat mudah dilakukan, tetapi hasil dari yang kita pilih, bisa saja menguntungkan atau bisa saja merugikan. Contohnya : ketika anak didik kami sedang menghadapi ujian pilihan berganda.

Jadi , apa saja faktor yang menyebabkan seseorang itu salah pilih?

1. Kecerobohan
Seseorang melakukan suatu kegiatan tanpa mempertimbangkan apa yang hendak dipilih, sehingga mengalami kegagalan.

2. Tidak memiliki wawasan cukup untuk menentukan pilihan yang baik.

Pada faktor yang kedua ini sangat sering di alami semua orang terkhusus kepada anak didik kami. Karena tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang mau di pilih? Contoh yang sederhana yang bisa kita jawab pada hari ini. Yang mana lebih jauh perpindahan bola besi seberat 1kg dengan cara di lempar atau di tolak ? Tentunya yang lebih jauh adalah dengan cara di tolak. Ketika kamu tidak memiliki wawasan tentang apa yang kamu pilih, maka kegagalan akan kamu dapatkan.

3. Mental minimalis
Artinya kurangnya percaya diri akan suatu hal yang akan dihadapi.

Itulah faktor yang paling umum yang menyebabkan seseorang salah memilih dengan baik. Dan akibatnya seseorang itu akan mengalami kegagalan dan cendrung bersedih atau stress atau depresi. Untuk itu , apa yang hendak kita lakukan dalam menentukan pilihan yang baik ? Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam menentukan pilihan yang baik.

1. Menambah wawasan / pengetahuan.

Artinya dengan cara menambah pengetahuan maka kita lebih mudah menentukan pilihan dengan baik dan benar. Dan memunculkan sikap percaya diri yang kuat.

2.  Berani mengambil resiko dengan cara mempertahankan lebih dahulu apa yang hendak mau dipilih.

3. Berusaha
Artinya sebesar apa pun masalah yang kamu hadapi tetaplah berusaha melakukanya dengan pikiran jernih bukan dengan emosional. Karena kalau kita melakukan suatu hal dengan emosi maka apapun yang kita kerjakan pasti gagal.

4. Tidak takut gagal
Ada pepatah mengatakan kegagalan adalah kunci keberhasilan. Jangan takut gagal tetapi takutlah akan orang yang mudah menyerah. Karena orang yang mudah menyerah akan selalu ketinggalan dari orang yang selalu berusaha .

5. Berdoa
Apapun yang kamu pilih, berdoa lah terlebih dahulu agar apa yang kamu pilih terberkati. Dan hasil yang kamu peroleh pasti akan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa hendak kamu lakukan untuk menggapai masa depan anak didik kami. Ingat mulai sekarang lah kamu menentukan masa depan gemiling kamu. Makanya ik untuk itu, tentukan lah pilihanmu dengan baik mulai dari sekarang. Sekian dan terimah kasih.
Penulis : P. Samosir.