This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Contoh Amanat/Wejangan Pembina Upacara Untuk Anak SD : Persahabatan Menghasilkan Prestasi

Contoh Amanat/Wejangan Pembina Upacara Untuk Anak SD : Persahabatan Menghasilkan Prestasi

Yang saya hormati Suster Kepala Sekolah dan yang saya hormati rekan guru serta staff pegawai dan yang saya sayangi Anak didik kami SD Antonius Padua Tiga Dolok.

Pertama-tama kita pantas mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Telah memberikan berkat dan perlindunga-Nya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah dan indah ini.

Adapun saya selaku pembina upacara hari ini, untuk menyampaikan wejangan saya, yang berjudul " PERSAHABATAN MENGHASILKAN PRESTASI "
Sumber gambar : pixabay

Sebelumnya mari kita berikan tepuk tangan kepada PBB dan petugas upacara hari ini, karena sudah memberikan yang terbaik.


Kata persahabatan di ambil dari kata dasar " sahabat " artinya teman atau  perilaku sesama yang memberikan interaksi yang baik. Maka arti persahabatan adalah prilaku sesama yang saling memahami, yang saling mendukung, yang saling tolong menolong  antar pribadi yang menghasilkan kenyamanan antar sesama. Apa itu prestasi ?. Selaku anak sekolah kata prestasi tidak asing lagi bagi anak didik kami seluruhnya, karena setiap anak didik pasti di dalam hatinya ingin mendapatkan prestasi yang baik. Bapak mau tanya dulu kepada anak didik kami, siapa lah diantara anak didik kami yang tau arti prestasi ?

Prestasi adalah hasil dari usaha yang di lakukan seseorang. Kata prestasi adalah kata yang baik bukan kata yang bersifat jahat.
Maka dapat kita simpulkan arti dari PERSAHABATAN MENGHASILKAN PRESTASI adalah prilaku sesama yang memiliki daya dukung, kerja sama, saling tolong menolong, saling memahami , saling bertukar pikiran , serta memiliki daya saing yang baik / positif untuk mendapatkan tujuan, yakni ingin mendapatkan hasil belajar juara 1 di kelas.

Apa yang menyebabkan bapak menyampaikan wejangan tema persahabatan ?

Karena diantara anak didik kami terkhusus kelas 3 sampai kelas 6 masih ada yang memilih milih sahabat, karena berbeda pengetahuan . Karena si A pintar dan si B pintar kemudian si c sedang maka hanya di A dan si B yang bersahabat. Si C tertinggal.
Apa salahnya bersahabat baik dengan pengetahuan yang lebih rendah dari kita ? Apakah harus kita asingkan. Tidak !
Justru perbedaan tingkat pengetahuanlah yang dapat menghasilkan persahabatan yang baik. Kami bapak ibu gurumu juga bersahabat baik dengan kamu, orng tua, kakak, ABG dan lain sebagainya .


Ada lagu yang mencerminkan persahabatan yang liriknya seperti ini" Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupuPersahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan "

Bagaimana tips menjaga keutuhan persabatan?.

1. Saling menyapa dan memberikan senyuman ketika berjumpa/bertaman manfaatnya adalah menciptakan kenyamanan pribadi satu dan yang lain.

2. Saling berkomunikasi yang baik artinya cobalah berkomunikasi dengan memilih bahasa yang enak di dengar dan tidak menyakiti perasaan teman kamu.

3. Saling tolong menolong jika teman kamu merasa kesulitan . Contohnya jika teman kamu terjatuh bantu teman untuk bangun.

4. Saling memaklumi perbedaan antara teman. Artinya jika kamu pintar jangan hanya berteman dengan orang pintar saja  tetapi berteman jugalah kepada teman kurang pintarnya .

5. Jangan mengejek teman atau mengosipin orang lain . Mengejek atau maggosipin orang lain adalah salah satu faktor Retaknya hubungan persahabatan.

6. Saling percaya satu sama lain.
Itulah tips untuk menjaga persahabatan biar tetap utuh. Jadi cobalah menghargai temanmu dan jadilah sahabat yang baik bagi sesama mu.

Nah untuk mengakhiri wejangan bapak untuk hari ini, mari kita memberikan salam kepada teman kita lalu katakan teman aku sahabatmu sambil tersenyum.
Sekian dan terimah kasih.
Salam saya ; ersam