This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Amanat Pembina Upacara tentang: Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Amanat Pembina Upacara tentang: Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Salam dari saya Ersam....
Baik, kali ini saya akan membuat contoh wejangan terbaru khusus untuk tahun 2019/2020. Nah, wejangan kali ini berjudul : Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa. Langsung saja simak contoh wejangan berikut ini.
Sumber gambar : Es Ersam

Kita pantas mengucapkan rasa puji syukur Terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan peyertaanya kita semua dapat berkumpul dengan keadaan sehat. Yang saya hormati Suster Kepala Sekolah SD St. Antonius Padua Tiga Dolok serta yang saya hormati rekan guru dan staf pegawai dan yang kami cintai anak didik kami seluruhnya. Salam hangat dari saya " selamat pagi buat kita semua ".
Adapun saya berdiri di hadapan anak didik kami dan selaku pembina upacara ingin menyampaikan wejangan saya yang berjudul " Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa ". Menumbuhkan berasal dari kata tumbuh yang artinya adanya pertambahan ukuran atau volume suatu benda. Tetapi disini artinya menambah atau membangun semangat belajar siswa .  Apakah diantara anak didik kami ada yang mengetahui arti dari belajar ?. Belajar adalah proses mengetahui sesuatu hal yang membuat subjek yang tidak mengetahui menjadi mengetahui. Maka arti dari " menumbuhkan semangat belajar siswa adalah membangun proses belajar yang menyenangkan, kreatif dan mudah di pahami.

Nah, apa sajakah yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa-siswa kami seluruhnya ?. Bapak mempunyai tips untuk membangun cara belajar anak didik kami dengan menyenangkan dan mudah di pahami, apa saja kah itu ?

1. Kesadaran diri

Memiliki kesadaran diri akan apa yang kita ketahui masih minim dari apa yang kita ketahui adalah salah satu faktor yang baik dalam membina semangat belajar. Artinya ada banyak diantara anak didik kami yang tidak sadar akan kemampuan dirinya dan selalu menyombongkan diri padahal kemampuannya masih jauh dibawah rata-rata, sehingga memunkinkan si anak menjadi malas belajar. Maka untuk itu perlu ada kesadaran diri yang harus kita perhatikan mulai sekarang. Karena, hal inilah salah satu yang dapat memicu semangat belajar. Artinya ketika seseorang memiliki kesadaran diri maka seseorang tersebut akan memiliki segudang pertanyaan ingin  di ketahuinya.

2. Berusaha

Jika hanya memiliki kesadaran diri saja tanpa adanya usaha, maka itu percuma saja bahkan tidak akan membuahkan hasil. Nah, untuk itu perlu sekali kita berusaha apa yang kita inginkan. Walaupun sulit atau mudah tetap tanamkan rasa usaha yang besar untuk melewati persolan yang ada. Jika kita memiliki nilai usaha yang besar maka masalah akan terpecahkan.

3. Sharing ( berbagi )

Sharing artinya berbagi. Disini bapak mengajak anak didik kami untuk terbuka akan suatu hal, baik dalam masalah keluarga maupun masalah pembelajaran . Yang artinya ada banyak permasalah yang tidak dapat kita selesaikan secara individual maka kita perlu membagi persolan tersebut dengan cara berdiskusi atau memberitahunya kepada orang tua atau guru. Ketika kamu terbuka maka persoalan yang besar semakin mudah dihadapin . Jika anak didik kami tidak terbuka, padalah masalah yang dihadapi tidak bisa dipecahkan diri sendiri maka masalah itu akan menekan pribadi anak didik kami sehing membuat anak didik kami menjadi malas belajar . Jadi terbukalah akan masalahmu.

4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Memiliki rasa ingin tahu adalah kunci keberhasilan seseorang untuk mencapai prestasi. Dimana ada rasa ingin tahu yang besar maka disitulah semangat belajar yang tinggi. Sebaliknya jika anak didik kami tidak memiliki rasa ingin tahu maka pengetahuan anak didik kami akan menjadi dangkal. Maka untuk itu bukan hanya sebagai pendengar dan penulis catatan ketika pembelajaran tetapi sebagai motorik dalam menambah pengetahuan melalui rasa ingin tahu terhadap apa yang ingin di ketahui.



5. Berdoa.

Ketika anak didik kami sudah melakukan 4 tips diatas maka anak didik kami peru berdoa untuk mengukuhkan dari ke 4 tips diatas. Karena ada yang mengatakan " ilmu pengetahuan tanpa iman adalah nol besar " sebaliknya ilmu pengetahuan didasari iman adalah kebahagian dan kedamaian menunju kesuksesan sejati.

Itulah yang dapat bapak berikan kepada anak didik kami untuk hari ini. Maka untuk itu lakukan lah apa yang bapak katakan tadi maka itu akan membawa berkat dan prestasi yang baik untuk anak didik kami. Sekian dan terimah kasih

Oke sobat ersam , itulah salah satu contoh yang terbaru untuk wejangan dalam jenjang anak sekolah dasar. Untuk artikel berikut akan hadir di Minggu depan , jangan sampai ketinggalan update selanjutnya hanya di blog Es Ersam. Terimh kasih .