This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Amanat Pembina Upacara untuk SD : Menjaga Kebersihan adalah Dasar Prestasi

Amanat Pembina Upacara untuk SD : Menjaga Kebersihan adalah Dasar Prestasi

Hallooo sobat ersam, sudah lama saya tidak menulis artikel terbaru tentang wejangan pembina upacara untuk tingkat SD. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan menuliskan contoh wejangan yang berjudul " MENJAGA KEBERSIHAN ADALAH DASAR PRESTASI ". Langsung saja simak contoh wejangan berikut.
Gambar: Kegiatan kebersihan
Rasa puji syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan perlindungannya kita masih dapat berkumpul dengan keadaaan sehat. Yang saya hormati Suster Kepala Sekolah dan yang saya hormati rekan guru-guru dan staf pegawai serta yang saya cintai anak didik kami seluruhnya. Salam sapa hangat dari saya ' selamat pagi untuk kita semua'.

Adapun saya berdiri disini ingin menyampaikan wejangan bapak yang berjudul" Menjaga Kebersihan Adalah Dasar Prestasi". Jika kita mendengar kata kebersihan tentu tidak asing lagi bagi kita seluruhnya, karena dimana kita berada pasti kita temui kata kebersihan baik di lingkungan sekolah, rumah maupun di jalan atau di pasar. Apa itu kebersihan? Definisi pengertian sangatlah banyak tergantung kondisi yang di alami seseorang, contohnya : kebersihan ruangan kelas atau kebersihan lingkungan halaman rumah dan lain2. Disini bapak menjelaskan bagaimana kebersihan mencapai prestasi. Maka arti kebersihan adalah suatu kondisi fisik dan lingkungan yang terasa nyaman dan enak untuk dinikmati atau dengan kata lain fisik dan lingkungan enak di pandang mata. Pastinya anak didik kami berpikir, apa hubungan kebersihan dengan dasar prestasi?. Hubungan kebersihan dengan dasar prestasi adalah cukup erat hubungan eratnya. Bapak mau bertanya kepada anak didik kami? Coba anak didik kami belajar di dekat tempat pembuangan sampah? Atau coba anak didik kami mandi dan tidak ganti pakaian? Apakah anak didik kami nantinya nyaman belajar? Tentunya anak didik kami pasti tidak nyaman di karenakan ada bau yang tidak sedap kita cium dan mempengaruhi tingkat konsentrasi cara berpikir otak kita sendiri. Apalagi ditambah lingkungan yang banyak sampah dan debu di ruangan atau di rumah kamu ? Apakah kamu nyaman belajar ? Tentunya tidak bukan.

Disini bapak mengajak anak didik kami untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan fisik Anda sendiri, agar ketika pembelajaran dapat berlangsung dengan nyaman dan tidak mempengaruhi cara kerja otak dalam berpikir. Karena jika lingkungan kita sudah bersih maka pandangan kita akan terasa nyaman dan otak juga akan semakin cepat berpikir. Dan juga jika fisik kita bersih maka kesehatan tubuh kita semakin kuat dan cara berpikir semakin lancar. Bagaimana jelas bukan hubungan antara kebersihan dengan dasar prestasi. 

Tips untuk melakukan kebersihan ;

1. Jika ada dilingkungan kita bertaburan sampah maka segera ambil dan buang pada tempatnya, hal ini membiasakan diri kita cinta dalam lingkungan bersih. Semakin diri kita memberi hati terhadap lingkungan bersih maka lingkungan kotor akan menjadi musuh buat kita sendiri.

2. Tidak pandang buluh ketika melakukan kebersihan terhadap lingkungan. 

3. Mandi 2 kali sehari, yakni pagi dan sore. Terkecuali untuk berolahraga, jika anak didik kami selesai berolahraga maka mandilah dengan bersih jika kalau masih sekolah maka bersihkan tubuh dengan sapu tangan agar tidak berbau menyengat terhadap diri kita ataupun orang lain.


Gaya dan gerak 

4. Selalu membawa sapu tangan.

5. Jangan malas belajar.

Nah, itulah tips yang bisa bapak berikan untuk hari ini untuk anak didik kami, harapan kami anak kami seluruh berprestasi dengan jiwa yang bersih. Sekian dan terimah kasih.

Oke sobat ersam, itulah contoh wejangan yang bisa saya tuliskan hari ini, jika ada kesalahan penulisan dan saran jangan lupa mengetiknya di kolom komentar. Tunggu artikel berikutnya yaa......