RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendididkan : ,,,,,,,,,,,,,,,
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas / Semester : X / 1
Topik : Gerak
dan Gaya
Sub topik : Hukum Newton,gaya berat
dan gaya normal
Alokasi Waktu : 2 x 2 JP
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong- royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KI
3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah..
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI
DASAR
KD 1.1 : Menambah keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya .
KD 1.2 : Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur karakteristik fenomena
gerak, fluida, dan kalor
KD 2.1 : Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
diskusi
KD 2.2 : Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
KD 3.6 : Menerapkan hukum Newton dan konsep gaya
Indikator :
Indikator :
1.
Menjelaskan bunyi hukum-hukum newton tentang gerak
2.
Menentukan besaran-besaran fisika dalam Hukum Newton
3.
Menyimpulkan hasil percobaan tentang Hukum Newton
4.
Menjelaskan pengertian gaya normal dan gaya berat pada
benda
5.
Menjelaskan perbedaan gaya normal dan gaya berat pada
benda
6.
Menjabarkan besaran-besaran fisis pada gaya normal dan
gaya berat
KD 4.2 : Menganalisis
gerak lurus berubah beraturan menggunakan hukum Newton
Indikator :
Indikator :
1.
menggunakan seperangkat alat percobaan sederhana tentang
Hukum-hukum Newton
2.
menyaji dan mengolah data yang didapat dari hasil
percobaan
3.
membuat laporan tertulis hasil praktik
4.
mempresentasikan hasil percobaan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan siswa dapat :
1.
Menjelaskan hukum newton
2.
Menentukan besaran-besaran fisika dalam Hukum Newton
3.
Menyimpulkan hasil percobaan tentang Hukum Newton
4.
Menjelaskan pengertian gaya normal dan gaya berat pada
benda
5.
Menjelaskan perbedaan gaya normal dan gaya berat pada
benda
6.
Menjabarkan besaran-besaran fisis pada gaya normal dan
gaya berat
7.
Menggunakan seperangkat alat percobaan tentang Hukum
Newton
8.
Menyaji dan mengolah data yang didapat dari hasil
percobaan
9.
Membuat
laporan tertulis hasil praktik
10. Mempresentasikan hasil percobaan
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.HUKUM NEWTON
1.1. GAYA
Dalam kehidupan
sehari-hari, tiap orang sebenarnya punya konsep dasar
tentang
gaya. Misalnya pada waktu kita menarik atau mendorong suatu
benda atau
kita menendang bola, kita mengatakan bahwa kita mengerjakan
suatu gaya
pada benda itu.
Gaya dapat mengubah arah gerak suatu benda, gaya dapat mengubah
bentuk
suatu benda serta gaya juga dapat mengubah ukuran suatu bendadengan syarat gaya
yang kita berikan cukup besar. Gaya menyebabkan percepatan. Arah gaya searah dengan arah percepatan.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa gaya adalah besaran yang mempunyai besar dan arah. Ini berarti, gaya dapat digolongkan
sebagai sebuah vektor.
1.2. Hukum 1 Newton
Bila jumlah gaya-gaya yang bekerja pada
benda sama dengan nol, maka benda pasti dalam keadaan diam atau bergerak lurus
beraturan.” S F = 0
Berakibat pada : Benda Dia atau Benda bergerak
lurus beraturan (GLB) .
• Penjelasan hukum 1 Newton adalah : Sifat
benda untuk mempertahankan keadaannya yang diam tetap diam, yang bergerak lurus
beraturan tetap bergerak lurus beraturan disebut inersia benda atau juga
disebut kelembaman.
•
Sifat lembam benda adalah sifat mempertahankan
keadaannya, yaitu keadaan tetap diam atau keaduan tetap bergerak beraturan.
•
Setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan
kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Berarti
jika resultan gaya
nol, maka pusat massa dari suatu benda
tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan).
Secara matematis hukum newton dinyatakan:
sigma F= 0
1.3.
Hukum 2 Newton
•
Hukum ini berbunyi: Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan
gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.
•
sebuah benda dengan massa M mengalami gaya
resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus
terhadap F dan berbanding terbalik
terhadap M. atau F=Ma. Bisa juga diartikan resultan gaya
yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu.
•
Hukum ini berbunyi:
Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan
jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding
terbalik dengan massanya.
1.4.
Hukum 3 Newton
•
Hukum ini berbunyi :
“Jika suatu
benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda yang di kenai gaya akan
mengerjakan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda
pertama tetapi arahnya berlawanan”. Hukum ini
disebut aksi dan reaksi
Jenis-Jenis Gaya
Gaya merupakan dorongan atau tarikan yang akan mempercepat atau
memperlambat gerak suatu benda. Pada
kehidupan sehari-hari gaya yang Anda kenal biasanya adalah gaya langsung.
Artinya, sesuatu yang memberi gaya berhubungan langsung dengan yang dikenai
gaya.
Selain gaya
langsung, juga ada gaya tak langsung. Gaya tak langsung merupakan gaya yang
bekerja di antara dua benda tetapi kedua benda tersebut tidak bersentuhan.
Contoh gaya tak langsung adalah gaya gravitasi. Gaya yang
dibahas dalam Fisika meliputi: Gaya Berat, Gaya Normal, Gaya Gesek, dan Gaya
Sentripetal.
Keterangan :
w : gaya berat (N)
m : massa benda (kg)
g : percepatan gravitasi (m/s)
2. Gaya Normal
Rumus gaya normal bergantung pada
posisi benda. Perhatikan gambar berikut ini:
Keterangan :
N : gaya Normal (N)
m : massa benda (kg)
g : percepatan gravitasi (m/s)
Keterangan :
N : gaya Normal (N)
α: sudut kemiringan
E.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Saintifik
·
Model Pembelajaran
Discovery Learning
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Laptop /Infokus
·
Alat-alat percobaan
G.
SUMBER
BELAJAR
·
Buku Referensi
·
Koneksi internet
H. LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
RINCIAN KEGIATAN
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
·
Pemberian salam
·
Menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran
·
Menyampaikan judul materi
·
Apersepsi
-
Guru bertanya “sebutkanlah bunyi dari hukum-hukum
Newton ?
-
Guru
bertanya ”sebutkan beberapa contoh penerapan konsep hukum Newton dalam kehidupan sehari hari?
·
Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi hukum
Newton)
·
Motivasi (Memberikan contoh penerapan tentang bunyi
hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari)
·
Pemberian Acuan :
1.
Garis besar materi hukum Newton
2.
Pembentukan Kelompok Diskusi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati :
·
Peserta didik mengamati demonstrasi tentang
hukum Newton yang dilakukan
oleh guru
·
Guru
menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan untuk
memperoleh informasi penyebab
benda bergerak
·
Guru
membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan dalam menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah
Mengeksplorasi
·
Peserta didik menentukan
jenis, besar, dan arah gaya yang bekerja terhadap benda bergerak pada bidang
datar
Mengasosiasi
·
Peserta didik menghitung
percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang
datar
·
Guru
membimbing / menilai kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan
merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
tiap kelompok menyajikan diagram
gaya-gaya yang bekerja pada benda dalam sistem yang terletak pada bidang
datar
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru
dan
siswa menyimpulkan pelajaran yang telah diajarkan.
·
Guru
memberikan PR kepada siswa.
·
Guru
memberitahukan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
·
Pemberian salam
·
Menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran
·
Menyampaikan judul materi
·
Apersepsi
-
Guru bertanya “jelaskanlah apa yang dimaksud dengan
gaya normal dan gaya berat pada benda
?
·
Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi gaya normal
dan gaya berat)
·
Motivasi (Memberikan gambaran tentang gaya normal
dan gaya berat pada benda )
·
Pemberian Acuan :
1.
Garis
besar materi hukum Newton
2.
Pembentukan
Kelompok Diskusi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati :
·
Peserta didik mengamati demonstrasi tentang
hukum Newton yang dilakukan
oleh guru dan gaya – gaya yang bekerja pada benda
·
Guru
menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait
gaya normal dan gaya berat yang bekerja
pada benda
·
Guru
membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan dalam menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah
Mengeksplorasi
·
Peserta didik menentukan
gaya yang bekerja terhadap benda bergerak pada bidang datar
Mengasosiasi
·
Peserta didik menghitung
gaya normal dan gaya berat benda dalam sistem yang terletak
pada bidang datar
·
Guru
membimbing / menilai kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan
merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
tiap kelompok menyajikan diagram
gaya-gaya yang bekerja pada benda dalam sistem yang terletak pada bidang
datar
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru
dan
siswa menyimpulkan pelajaran yang telah diajarkan.
·
Guru
memberikan PR kepada siswa.
·
Guru
memberitahukan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Teknik dan Bentuk
Instrumen
TES
URAIAN
1. Tuliskanlah
bunyi dari hukum-hukum Newton!
2. Sebuah
gaya bekerja pada suatu benda.berat gaya tersebut 6.800 N.jika gaya bekerja
menyebabkan percepatan 3,8 m/s2 , berapakah massa benda tersebut?
3. Sebuah
benda yang massanya 0,5 kg berada dalam keadaan diam.kemudian,mendapat
percepatan selama 5 sekon sehingga bergerak dengan kecepatan 20 m/s . gaya yang
bekerja benda tersebut adalah ……
KUNCI JAWABAN
1. Hukum I Newton :
Benda yang diam cenderung akan tetap diam dan benda yang bergerak akan cenderung tetap
bergerak dengan kecepatan tetap jika tidak
ada gaya luar yang bekerja pada benda
tersebut.
Hukum II Newton : Besar percepatan sebuah benda berbanding
lurus dengan besarnya gaya yang
bekerja pada benda
Hukum III
Newton : Jika benda I mengerahkan gaya aksi kepada benda II, maka Benda II akan
memberikan gaya reaksi pada benda I yang sama besar namun berlawanan arah.
2. Dik
: F = 6.800 N
a = 3,8 m/s2
Dit: m = . . . ?
Jwb :
m =
=
= 1.800 kg
3. Dik
: m = 0,5 kg
t = 5 s
Dit : F =
. . . ?
Jwb :
F = m.a
v= vo
+ at
= 0,5 kg . 4 m/s2 a= v
– vo
= 2
N
t
a= 20 m/s – 0 m/s
5 s
a= 20 m/s
5 s
a= 4 m/s2
Penilaian
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Tes
Uraian dan Pilihan
|
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME mengenai
topik yang berhubungan dengan materi seperti benda-benda alam semesta yang
diciptakan dengan sempurna tanpa kurang satu apa pun
|
||||
2
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu terhadap materi yang sedang dipelajari
|
||||
3
|
Menunjukkan sikap
objektif dalam mengemukakan pendapat dan mengambil kesimpulan
|
||||
4
|
Menunjukkan sikap aktif dalam
berdikusi/tanya jawab dan menyelesaikan masalah
|