RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendididkan : SMK ...........
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas / Semester : X / 1
Topik :
Gerak dan Gaya
Sub Topik : Gerak parabola
Alokasi Waktu : 1 x 2
JP
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli
(gotong- royong,kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebaga bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3
: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
dan prosedural,berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI DASAR
KD1.1
: Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan Kompleksitas alam
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
KD1.2
: Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
KD2.1
: Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat;tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
diskusi
KD2.2
: Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
KD3.3
: Memahami konsep gerak benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
KD3.4
: Menerapkan konsep gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap.
Indikator :
Indikator :
1. Menjelaskan
pengertian dari gerak parabola
2. Menguraikan
gerak parabola
3. Menguraikan
kecepatan awal dan kecepatan sesaat
4. Menguraikan
kondisi benda dititik tertinggi
KD 4.2 : Menyajikan hasil
pengamatan terhadap gerak benda ke dalam grafik
Indikator :
Indikator :
1.
Menggunakan
seperangkat alat percobaan sederhana gerak
parabola
2.
Menyaji
dan mengolah data hasil pengukuran
3.
Membuat
laporan tertulis hasil praktik
4.
Mempresentasikan
hasil percobaan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai
diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan
pengertian dari gerak parabola
2. Menguraikan gerak parabola
3. Menguraikan kecepatan awal dan
kecepatan sesaat
4. Menguraikan kondisi benda dititik
tertinggi
5. Menggunakan seperangkat alat
percobaan gerak jatuh bebas dan gerak parabola
6. Menyaji dan mengolah data hasil
pengukuran
7. Membuat laporan tertulis hasil
praktik
8. Mempresentasikan hasil percobaan
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
“GERAK PARABOLA”
Jika
sebuah benda melakukan gerak lurus beraturan Kea rah sumbu X dan gerak lurus
berubah beraturan kea rah sumbu Y, maka lintasan ini disebut gerak Parabola.
1.
Persamaan Posisi dan kecepatan
pada gerak parabola.
Gerak Parabola dapat didefinisikan dengan meninjau gerak lurus beraturan pada sumbu X dan gerak lurus berubah beraturan pada sumbu Y. Lihat gambar diabawah ini,,
Gerak Parabola dapat didefinisikan dengan meninjau gerak lurus beraturan pada sumbu X dan gerak lurus berubah beraturan pada sumbu Y. Lihat gambar diabawah ini,,
![]() |
Sumber : Ersamblog |
|
|
|
x =
|
Dengan,
= kecepatan benda
setelah t terhadap sumbu X (m/s)
x = posisi benda terhadap sumbu X (m)
t = waktu (s)
Dengan demikian,
Dengan
y = posisi benda pada sumbu Y pada saat t (m)
t = waktu (s)
g = percepatan gravitasi, biasanya 9.8 m/s atau 10 m/s
V=
|
|
|
|
|
|
a. Waktu untuk mencapai titik tertinggi (
b. Posisi benda terhadap
sumbu X dan sumbu Y pada saat mencapai titik tertinggi adalah
dengan demikian, tinggi
maksimum dirumuskan dengan
|
![]() |
Sumber : Ersamblog |
Dengan menggunakan syarat
a. Waktu untuk mencapai titik terjauh (
|
E.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Saintifik
·
Model Pembelajaran Discovery Learning
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Laptop /Infokus
·
Alat-alat percobaan
G.
SUMBER
BELAJAR
·
Buku Referensi
·
Koneksi internet
H. LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
RINCIAN
KEGIATAN
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Pemberian salam
·
Menyiapkan peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran
·
Guru menagih PR yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya
·
Menyampaikan
judul materi yang akan dipelajari
·
Apersepsi
-
Coba tuliskan contoh dalam kehidupan sehari-hari
tentang gerak parabola
·
Orientasi ( Guru menerangkan tentang materi gerak parabola)
·
Motivasi ( Memberikan tentang fenomena-fenomena
tentang gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari)
·
Pemberian Acuan :
1.Garis
besar materi gerak parabola
2.Pembentukan Kelompok
Diskusi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Peserta didik mengamati demonstrasi
gerak lurus parabola yang dilakukan oleh guru
·
Guru
menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan terkait gerak parabola
·
Guru
membimbing / menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan dalam menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah
Mengeksplorasi
·
Peserta didik melakukan percobaan gerak
parabola
·
Guru memebimbing peserta didik dalam
melakukan percobaan
Mengasosiasi
·
Kelompok
berdiskusi menganalisis
besaran-besaran fisika dalam gerak
parabola
·
Guru
membimbing / menilai kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan
merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
tentang materi gerak parabola
·
Guru menanggapi hasil presentasi untuk
memberi penguatan , pemahaman dan mengklarifikasi miskonsepsi
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran
yang telah diajarkan.
·
Guru memberikan PR kepada siswa.
·
Guru memberitahukan kepada siswa tentang
materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Teknik dan Bentuk
Instrumen
Tes
Uraian
1. Jelaskanlah pengertian dari gerak
parabola?
2. Seseorang
memegang bola pada ketinggian 20 meter lalu melempar horisontal ke depan dengan
kecepatan awal 5 m/s. Tentukan :
(a) Selang waktu bola tiba di tanah
(b) Jarak horisontal terjauh yang dicapai bola
(c) Kelajuan bola ketika tiba di tanah
(a) Selang waktu bola tiba di tanah
(b) Jarak horisontal terjauh yang dicapai bola
(c) Kelajuan bola ketika tiba di tanah
Kunci
Jawaban
1.
Gerak parabola merupakan gerak
benda yang lintasannya berupa parabola
yang mengalami dua arah perpindahan ,yakni dalam arah horizontal (sumbu X) dan
arah vertikal (sumbu Y)
2.
(a). Selang waktu bola tiba di
tanah (t)
Penyelesaiannya seperti menentukan selang waktu benda yang melakukan gerak jatuh bebas.
Penyelesaiannya seperti menentukan selang waktu benda yang melakukan gerak jatuh bebas.
(b) Jarak horisontal terjauh yang dicapai
bola (s)
Dik : vox = 5 m/s (laju awal pada arah horisontal)
t = 2 sekon (selang waktu bola di udara)
Dit : s = . . . ?
Jawab :
v = s / t
s = v t = (5)(2) = 10 meter
Dik : vox = 5 m/s (laju awal pada arah horisontal)
t = 2 sekon (selang waktu bola di udara)
Dit : s = . . . ?
Jawab :
v = s / t
s = v t = (5)(2) = 10 meter
(c) Kelajuan bola ketika tiba di tanah (vt)
vox = vtx = vx = 5 m/s
Kelajuan akhir pada arah vertikal dihitung seperti menghitung kelajuan akhir pada
gerak jatuh bebas.
Dik : voy = 0
Dik : voy = 0
g = 10 m/s2
h = 20 m
Dit : vt = . . . ?
Jwb :
Dit : vt = . . . ?
Jwb :
PENILAIAN
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Tes
Uraian dan Pilihan
|
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan
Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME mengenai
topik yang berhubungan dengan materi seperti benda-benda alam semesta yang
diciptakan dengan sempurna tanpa kurang satu apa pun
|
||||
2
|
Menunjukkan rasa
ingin tahu terhadap materi yang sedang dipelajari
|
||||
3
|
Menunjukkan sikap
objektif dalam mengemukakan pendapat dan mengambil kesimpulan
|
||||
4
|
Menunjukkan sikap aktif dalam
berdikusi/tanya jawab dan menyelesaikan masalah
|
Mengetahui P.
Siantar, Agustus 2014
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran Fisika