This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

--> Atau Atau

Pemanfaatan Benda Konduktor Dan Isolator

Pemanfaatan Benda Konduktor Dan Isolator

Ada banyak benda yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan rumah tangga, salah satunya adalah memanfaatkan benda logam sebagi alat masak dan memanfaatkan plastik sebagai pegangan. Pemanfaatan benda di golongkan menurut sifat-sifat benda yang akan digunakan.
Sumber: pixybay. Benda-benda konduktor panas dan isolator panas
Konduktor dan isolator adalah salah satu sifat benda yang digunakan untuk keperluan alat rumah tangga.Misalnya: setrika dan solder, kedua benda ini memiliki sifat konduktor dan isolator.

Apakah pengertian konduktor dan isolator ?

Ada dua definisi/pengertian konduktor dan isolator menurut pemanfaatannya, yakni:

Konduktor panas adalah benda yang sangat baik dalam menghantar panas, contohnya: besi, aluminium dan tembaga.

Konduktor listrik adalah benda yang dapat menghantar listrik dengan baik contohnya : tembaga.

Isolator panas adalah benda yang kurang baik dalam menghantar panas, contohnya : kayu, plastik dan karet.

Isolator listrik adalah benda yang tidak dapat menghantar listrik, contohnya: karet dan plastik.

Jenis-jenis bahan konduktor:
• tembaga
• besi
• alluminium
• stainless
• kaca

Jenis-jenis bahan isolator:
• plastik
• karet
• kayu

Pemanfaatan benda konduktor panas dan Isolator panas.

Dalam pemanfaatan benda konduktor panas dan isolator panas , dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya : wajan dan panci. Berikut ini saya akan jelaskan alat-alat rumah tangga yang menggunakan sifat konduktor dan isolator. Simak dan pahami:

1. Solder atau alat patri
Solder atau alat patri adalah alat yang digunakan untuk mencairkan timah dan biasanya di manfaatkan oleh tukang service elektronik. Pada ujung alat patri atau bahan besi digunakan sebagai konduktor panas, dan pada bagian pegangan digunakan isolator panas. Isolator panas berfungsi untuk mencegah aliran panas alat patri tidak mengalir ketangan pengguna. Dan konduktor panas sebagai alat pencairan timah yang dihubungkan dengan prinsip perubahan energi listrik menjadi energi panas.

Like dan Subscribe YT. Eta Marsiajar



2. Lem Tembak
Lem tembak hampir sama penggunaanya dengan alat patri, bedanya adalah bentuk pegangan dan cara penggunaanya. Lem tembak di desain khusus berbentuk senjata. Pada lem tembak terdapat konduktor listrik pada ujungnya atau tempat keluarnya lem lilin. Untuk isolatornya adalah pegangannya yang lebih dominan terlihat jika diamati dari sisi luar.

Baca juga :

3. Setrika
Setrika menggunakan prinsip perubahan energi listrik menjadi energi panas. Pada bagian bawah terdapat konduktor dan pada pegangan terdapat isolator. Perhatikan gambar berikut.

4. Wajan
Wajan adalah salah satu alat masak yang sering kita gunakan untuk menggoreng sesuatu yang hendak kita mau makan. Pada wajan terdapat konduktor panas yang berfungsi sebagai tempat penggorengan. Dan pada pegangan terdapat isolator panas.

5. Panci
Panci adalah salah satu alat masak yang sering digunakan untuk memasak air. Pada panci dominan memiliki sifat konduktor dan lebih kecilnya bersifat isolator.

6. Rice cooker
Alat ini adalah alat pemasak beras otomatis yang menggunakan prinsip perubahan energi listrik menjadi energi panas. Pada permukaan luar rice cooker terdapat dibentuk keseluran isolator panas dan listrik. Agar tidak terjadi dampak negatif yang tidak diinginkan. Pada bagian dalam terdapat konduktor panas sebagai alat pemasak beras.

7. Panci listrik
Pada jaman sekarang semua alat rumah tangga sudah berubah menjadi praktis. Contohnya panci listrik yang digunakan untuk memasak air. Pada bagian panci terdapat konduktor listrik dan panas yang berfungsi mendidikan air. Pada pegangan dan lengkungan panci terdapat isolator panas dan listrik.

Cek Vidio pembelajaran manfaat Konduktor dan isolator panas 


Sekian dulu penulisan artikel yang berjudul pemanfaatan benda konduktor dan isolator. Untuk kelanjutan contoh pemanfaatannya akan di update seiring berjalanya waktu . Terimah kasih sudah membaca bersama kami. Jika ada kelelahan dalam tutur penulisan berikan komentar yang bermanfaat. Terimah kasih

Penulis : P. Samosir